Puri Kauhan Ubud Adakan Kompetisi Film Pendek Cerita Rakyat Bali Bertema Alam

- 30 Agustus 2022, 19:45 WIB
Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud AAGN Ari Dwipayana (dua dari kanan) saat menjelaskan kompetisi film pendek cerita rakyat Bali di Denpasar, Senin, 29 Agustus 2022.
Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud AAGN Ari Dwipayana (dua dari kanan) saat menjelaskan kompetisi film pendek cerita rakyat Bali di Denpasar, Senin, 29 Agustus 2022. /ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

RINGTIMES BALI – Puri Kauhan Ubud mengadakan workshop sekaligus kompetisi film pendek rangkaian Minikino Film Week ke-8 yang mengangkat ide dari cerita rakyat Bali tentang alam dan pemuliaan air untuk pertama kalinya.

Sutradara film ternama Garin Nugroho yang menjadi salah satu juri kompetisi bertajuk Purwa Carita Campuhan menganggap pemilihan cerita rakyat merupakan hal tepat di tengah kehidupan yang dinamis.

“Anak-anak muda kini hidup dan dihidupi oleh handphone, budaya bercerita lewat handphone disebut sastra lisan lewat digital, bukan lagi lewat lontar. Cerita rakyat Bali ini dihidupkan lagi lewat film pendek 7-15 menit,” ucap Garin Nugroho dikutip dari Antara.

Baca Juga: Rumah Kost Semi Permanen di Denpasar Barat Alami Kebakaran, Tidak Ada Korban Jiwa

Ia menyampaikan, yang akan menjadi penilaian yaitu seluruh nilai seni rupa, karakter yang ada di masyarakat, dan bagaimana menghidupkan cerita rakyat.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali I Wayan Suarmaja yang turut menjadi juri dalam kompetisi garapan Puri Kauhan Ubud tersebut mendukung ide cerita rakyat untuk lomba kali ini.

Baginya, saat ini kondisi di masyarakat Bali yaitu kurangnya pengetahuan tentang cerita jaman dahulu, sehingga pihaknya saat ini telah mengumpulkan 171 cerita rakyat yang diperoleh dari seluruh Bali melalui tetua di suatu daerah.

Baca Juga: Pemkab Badung Gencarkan dan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Vaksinasi Booster

Suarmaja menyampaikan, kompetisi ini memberikan ruang untuk anak binaan di desa untuk menyampaikan idenya.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x