Kemenkes RI Umumkan Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia

- 21 Agustus 2022, 10:40 WIB
Press Conference Jubir Kemenkes RI, mengenai kasus Cacar Monyet pertama di Indonesia.
Press Conference Jubir Kemenkes RI, mengenai kasus Cacar Monyet pertama di Indonesia. /Tangkap Layar/YouTube/Kementrian kesehatan RI

RINGTIMES BALI – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) umumkan penemuan kasus seorang pasien yang terkena Cacar Monyet (Monkeypox) di Indonesia.

Penemuan kasus seorang pasien yang terkena Cacar Monyet di Indonesia ini diungkapkan langsung oleh Juru bicara (Jubir) Kemeskes RI, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH.

Dalam video press conference yang disiarkan lewat kanal YouTube Kementrian Kesehatan RI, Sabtu, 20 Agustus 2022 dilaporkan bahwa pasien yang diketahui positif terkena Cacar Monyet itu adalah seorang laki-laki 27 tahun asal Jakarta.

Baca Juga: Polres Gianyar Selidiki Penyebab Ledakan Kompor Upacara Ngaben Massal di Blahbatuh

"Sudah ada 23 kasus yang sudah kita tangani, 22 di antaranya adalah telah disingkirkan, discarded, karena setelah melalui berbagai proses, PCR nya negative,” ujar Mohammad Syahril.

“Namun pasiennya ada yang 1 terkonfirmasi dari DKI Jakarta, laki-laki 27 tahun," sambungnya.

Pasien yang terkonfirmasi itu diketahui baru datang dari perjalanan luar negeri dan pada 14 Agustus 2022, pasien diketahui mengelami gejala demam, dan pembesaran kelenjar limfe, namun masih dalam keadaan baik.

Pasien juga memiliki cacar atau ruam di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian disekitar alat genitalia.

Baca Juga: Ledakan Kompor Upacara Ngaben Massal di Blahbatuh, 6 Orang Alami Luka Parah

Pihak rumah sakit yang menangani kasus ini mendapat apresiasi dari Jubir Kemenkes RI atas kesigapannya dalam menangani pasien.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x