Bupati Suwirta Hadiri 12 Lokasi Persiapan Ngaben Masal di Kecamatan Banjarangkan dan Klungkung

- 15 Agustus 2022, 08:40 WIB
Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta menghadiri persiapan Ngaben Masal di 12 lokasi berbeda di Kecamatan Banjarangkan dan Klungkung.
Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta menghadiri persiapan Ngaben Masal di 12 lokasi berbeda di Kecamatan Banjarangkan dan Klungkung. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung bersama Ny. Ayu Suwirta menghadiri persiapan upacara Pitra Yadnya, Ngaben Masal di 12 lokasi berbeda di Kecamatan Banjarangkan dan Klungkung, Minggu, 14 Agustus 2022.

Bupati Suwirta yang selalu hadir memenuhi undangan masyarakat, dilakukan untuk memberikan dukungan langsung demi menyukseskan seluruh rangkaian upacara Ngaben Masal di Kabupaten Klungkung.

Selain itu, juga untuk menunjukkan bahwa pemerintah peduli dan hadir di tengah-tehang masyarakat yang sedang melaksanakan upacara Yadnya.

Baca Juga: Buka Lomba Tari Jauk Manis dan Mekendang Tunggal, Wabup Kasta Harap Pelestarian Budaya Dapat Ditingkatkan

"Upacara Ngaben Masal merupakan hutang yang harus dibayar untuk Sang Pitara (yang sudah meninggal,” kata Bupati Suwirta, dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Senin, 15 Agustus 2022.

“Upacara ini adalah Yadnya suci yang harus dilaksanakan dengan penuh keikhlasan didasari hati yang tulus ikhlas dalam beryadnya,” sambungnya.

Adapun lokasi Ngaben Masal yang dikunjungi Bupati Suwirta yaitu ke Desa Adat Lepang sebanyak 48 sawa (orang yang akan diaben), Banjar Kangin, Desa Adat Bakas sebanyak 20 sawa, dan Banjar Pering, Desa Adat Bakas sebanyak 11 sawa.

Baca Juga: Peringati Hari Jadi Provinsi Bali ke 64, Bupati Suwirta Yakin Era Baru Sudah Terwujud

Dilanjutkan ke Banjar Peken, Desa Adat Bakas sebanyak 9 sawa, Banjar Kawan, Desa Adat Bakas sebanyak 10 sawa, Banjar Kreteg, dan Desa Adat Bakas sebanyak 6 sawa, dan Desa Adat Umanyar, Desa Nyalian sebanyak 18 sawa.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x