Buka Lomba Tari Jauk Manis dan Mekendang Tunggal, Wabup Kasta Harap Pelestarian Budaya Dapat Ditingkatkan

- 15 Agustus 2022, 08:21 WIB
Wabup Kasta membuka kegiatan Lomba Jauk Manis dan Mekendang Tunggal Tingkat Umum se-Bali di Banjar Nyuhaya Sidayu, Desa Takmung.
Wabup Kasta membuka kegiatan Lomba Jauk Manis dan Mekendang Tunggal Tingkat Umum se-Bali di Banjar Nyuhaya Sidayu, Desa Takmung. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – I Made Kasta selaku Wakil Bupati Klungkung membuka kegiatan Lomba Jauk Manis dan Mekendang Tunggal Tingkat Umum se-Bali di Banjar Nyuhaya Sidayu, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Minggu, 14 Agustus 2022.

Kegiatan lomba tersebut diselenggarakan dalam rangkaian acara HUT Sekaa Teruna Teruni (STT) Divarya Dharma ke 33 Banjar Nyuhaya Sidayu, Desa Takmung.

Dalam sambutannya, Wabup Kasta memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan lomba tersebut dan berharap kedepannya kesenian yang lain juga bisa diperkenalkan dan dilombakan, seperti salah satu tari yang berasal dari Desa Jumpai, Kabupaten Klungkung yaitu Tari Telek.

Baca Juga: Peringati Hari Jadi Provinsi Bali ke 64, Bupati Suwirta Yakin Era Baru Sudah Terwujud

Dia berharap pelestarian budaya dapat ditingkatkan, seperti Tari Telek yang diharapkan bisa dilestarikan serta diperkenalkan ke masyarakat luar karena saat ini sudah mulai ditinggalkan.

Pada kesempatan tersebut I Kadek Roy Mahendra Suryaputra selaku Ketua STT Divarya Dharma, menyampaikan alasan dipilihnya Makendang Tunggal dan Jauk Manis karena kedua kesenian tersebut bersifat sakral.

Selain itu, untuk mengenalkan kepada masyarakat mengingat dalam Makendang Tunggal dan Jauk Manis banyak terdapat kreasi seni.

Baca Juga: Hadiri HUT STT Graha Yowana di Klungkung, Bupati Suwirta Ajak Generasi Muda Perkuat Adat dan Budaya

"Lebih dari itu kami ingin melestarikan warisan budaya ini," kata Kadek Roy, dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Senin, 15 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x