Rentetan Gempa Bumi Guncang Karangasem Bali, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

- 28 Juli 2022, 08:10 WIB
Rentetan gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Karangasem, Bali pada hari Kamis, 28 Juli 2022, sekitar pukul 03.17 WITA.
Rentetan gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Karangasem, Bali pada hari Kamis, 28 Juli 2022, sekitar pukul 03.17 WITA. /Instagram/@bmkgbali

RINGTIMES BALI – Rentetan gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Karangasem, Bali pada hari Kamis, 28 Juli 2022, sekitar pukul 03.17 WITA.

Berdasarkan hasil analisis dari BMKG, gempa bumi tektonik tersebut berkekuatan M4,1, terletak pada koordinat 8,20 derajat LS; 115,50 derajat BT, berlokasi di darat pada jarak 16 km barat laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 km.

Sebelumnya, rentetan gempa bumi yang dirasakan di wilayah Karangasem, Bali berkekuatan M4,1 dan M3,4.

Baca Juga: BMKG Bali Ingatkan Masyarakat Tidak Terpengaruh Informasi Gempa Susulan Palsu

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.

Dilansir dari BMKG Bali, hasil analisis mekanisme sumber gempa bumi tersebut disebabkan oleh sesar mendatar (strike slip fault) dan tidak berpotensi tsunami.

Hingga hari Kamis, 28 Juli 2022 pukul 07.47 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Baca Juga: BMKG Jelaskan Penyebab Suhu Dingin Ekstrim di Wilayah NTB

Pihak BMKG Bali menghimbai kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan kabar atau berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x