Komisi IX DPR Dorong Pemerintah Lakukan Upaya Pencegahan Penularan Cacar Monyet  

- 25 Juli 2022, 19:21 WIB
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena. ANTARA/HO-DPR-RI/am.
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena. ANTARA/HO-DPR-RI/am. /

 

RINGTIMES BALI – Komisi IX DPR minta pemerintah pusat untuk melakukan antisipasi penularan cacar monyet yang menyebabkan kondisi darurat kesehatan global menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena menyampaikan bahwa meski kasus penularan cacar monyet belum terdeteksi di Indonesia, namun pemerintah harus siap siaga mencegah virus tersebut.

Wakil Ketua Komisi IX DPR tersebut menyebutkan, pihaknya mendorong pemerintah agar benar-benar mempersiapkan seperti menyampaikan informasi dengan jelas dan terang kepada publik terkait penyakit cacar monyet.

Baca Juga: Kabagren Polres Badung Ikuti Program Canang Bali Secara Virtual dengan Founder Info Denpasar

Pihaknya mendorong pemerintah agar melakukan upaya untuk mengatasi penularan cacar monyet yang merupakan penyakit binatang yang menular ke manusia dan dapat menular dari manusia ke manusia.

“Harus mulai memikirkan bagaimana mempersiapkan sarana prasarana dan tenaga kesehatan yang mulai dipersiapkan untuk mengantisipasi apabila penyakit ini masuk ke tanah air,” ucapnya dikutip dari Antara.

Emanuel mengatakan bahwa pemerintah harus memastikan tenaga dan fasilitas pelayanan kesehatan termasuk puskesmas siap menangani penularan penyakit tersebut.

Baca Juga: Pria asal India Tergulung Ombak saat Belajar Surfing di Pantai Legian

Ia juga menekankan pentingnya penguatan surveilans pada orang-orang yang datang ke Indonesia dari luar negeri, terutama dari negara-negara dengan kasus penularan cacar monyet.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah