Banjar Balun Kelurahan Padangsambian Resmikan Bank Sampah Kenanga Berbasis Sumber

- 23 Juli 2022, 21:00 WIB
Banjar Balun Kelurahan Padangsambian resmikan Bank Sampah Kenanga berbasis sumber pada Sabtu, 23 Juli 2022
Banjar Balun Kelurahan Padangsambian resmikan Bank Sampah Kenanga berbasis sumber pada Sabtu, 23 Juli 2022 /Dok. Humas Pemkot Denpasar

RINGTIMES BALI - Masyarakat Kota Denpasar terus gencarkan terobosan pengelolaan sampah berbasis sumber yang cerdas melalui pembentukan Bank Sampah disetiap desa dan kelurahan.

Seperti pada Sabtu, 23 Juli 2022, satu lagi Bank Sampah diresmikan yaitu Bank Sampah Kenanga di wilayah Banjar Balun, Kelurahan Padangsambian, yang diresmikan Alit Artika selaku Lurah Padangsambian.

Bendesa Adat Padangsambian Made Suparman, anggota BUPDA, Kelihan Adat dan dinas wilayah setempat, Komunitas Kerti Bali Sejahtera (KBS), dan anggota PKK setempat turut menghadiri peresmian tersebut.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Anak Nasional 2022: Tumbuh Sebagai Manusia yang Berjiwa Merdeka

Alit Artika dihubungi terpisah menyampaikan, Bank Sampah Kenanga Banjar Balun tersebut telah dibentuk sejak Juni lalu, dimana sebelumnya telah dilakukan sosialisasi kepada warga.

Ia menjelaskan, saat ini nasabah Bank Sampah sudah berjumlah 237 orang. Teknis operasional Bank Sampah tersebut yaitu Ibu PKK mengumpulkan sampahnya dan dibuatkan jadwal untuk dilakukan penimbangan dan pengambilan. 

Selanjutnya, hasil pilahan diambil BUPDA Padangsambian dan hasil penukaran langsung masuk ke rekening nasabah, ditabung, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat baik untuk pemenuhan kebutuhan harian maupun kebutuhan upacara adat dan agama.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 di Denpasar Sebanyak 30 Pasien Sembuh dan Meninggal Dunia Nihil

"Seperti telah diketahui bersama, adanya Peraturan Gubernur terkait pengelolaan sampah berbasis sumber menjadi awal mula pembentukan Bank Sampah di wilayah kami. Kami sebelumnya sudah rutin melaksanakan sosialisasi dengan tujuan nantinya supaya semua banjar baik adat dan dinas di wilayah Padangsambian  sudah membentuk Bank sampah untuk menciptakan tata kelola persampahan yang baik di wilayah kami," katanya.***

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x