Wakil Gubernur Bali, Cok Ace Menarikan Tari Topeng Dalem Sidakarya di Pura Mandara Giri, Lumajang, Jawa Timur

- 15 Juli 2022, 17:36 WIB
Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menarikan Tari Topeng Dalem Sidakarya di Pura Mandara Giri, Lumajang, Jawa Timur.
Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menarikan Tari Topeng Dalem Sidakarya di Pura Mandara Giri, Lumajang, Jawa Timur. /Tangkapan layar Instagram.com/@pemprov_bali

RINGTIMES BALI – Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati selaku Wakil Gubernur Provinsi Bali, berkesempatan melakukan ngaturang ayah nopeng (menarikan tari topeng).

Wakil Gubernur yang biasa disapa dengan nama Cok Ace tersebut menarikan Tari Topeng Dalem Sidakarya di Pura Mandara Giri Semeru Agung Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Dilansir dari Pemprov Bali, kegiatan tersebut dilakukan mengikuti rangkaian puncak karya pujawali yang berlangsung pada Purnama Kasa, Buda Kliwon Pahang atau hari Rabu, 13 Juli 2022.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bali Selatan yang Hits dan Populer, Salah Satunya Pantai Tanjung Benoa

Menurut Cok Ace, Tarian Topeng Dalem Sidakarya merupakan salah satu tarian sakral yang wajib ditarikan pada setiap upacara keagamaan umat Hindu.

Seperti diketahui, Tari Topeng Dalem Sidakarya berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lumajang.

Selain itu sebagian besar masyarakat umat Hindu di Bali juga berasal dari Jawa Timur, di sekitar wilayang Gunung Semeru.

Baca Juga: Rekomendasi Warung Seafood di Kuta Bali Murah, Bandrol Harga Mulai Rp10 K

“Ini menunjukkan betapa eratnya persaudaraan kita (Bali dan Jawa Timur, red). Sehingga saya harapkan agar integrasi dan kebersamaan umat Hindu di Bali dan Jawa Timur terus terbangun,” kata Cok Ace.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x