Menhub Nilai Pelabuhan Sanur Punya Peluang Ekonomi Tinggi untuk Bali

- 4 Juni 2022, 14:01 WIB
Menhub lakukan pemeriksaan progres Pelabuhan Sanur Bali.
Menhub lakukan pemeriksaan progres Pelabuhan Sanur Bali. /Ringtimes Bali/Ni Putu Putri Muliantari

RINGTIMES BALI - Menteri Perhubungan RI melakukan pemeriksaan progres pembangunan Pelabuhan Sanur di Bali.

Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Sanur, Menhub Budi Karya Sumadi menilai bahwa infrastruktur laut di Bali ini akan berpeluang besar bagi peningkatan ekonomi.

Pasalnya Pelabuhan Sanur akan terkoneksi dengan 2 pelabuhan lainnya yang menghubungkan daratan Bali sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan adanya dermaga.

Baca Juga: Kelanjutan Kasus Korupsi LPD Sangeh, AA Resmi Jadi Tersangka Pertama

Sebelumnya, para wisatawan harus turun ke pantai sebelum naik ke kapal, sedangkan dengan adanya dermaga maka kenyamanan dan keamanan perjalanan lebih memuaskan.

"Secara makro, Bali ini tujuan wisata, katakanlah sekarang jumlah hari yang digunakan wisatawan 3-4 hari, paling tidak akan ada 1 hari tambahan," ujar Budi Karya di Denpasar pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Ia memperkirakan jika normalnya 17 juta wisatawan mengunjungi Nusa Penida atau Nusa Ceningan, setidaknya ada tambahan 5 juta kunjungan lainnya, sehingga akan ada penambahan penghasilan pula.

Baca Juga: Kapolda Bali Musnahkan 2.051 Liter Arak Fermentasi Hasil Temuan

Selain itu, dampak dari adanya pembangunan adalah penyerapan tenaga kerja bagi warga lokal, ada multiplier effect yang tinggi menurutnya.

Dalam proses pembangunan ini, tak hanya Pelabuhan Sanur yang digarap, melainkan juga Pelabuhan Bias Munjul Nusa Ceningan dan Pelabuhan Sampalan Nusa Penida sekaligus.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x