Bupati Tabanan Sebut Pemerintah dan Masyarakat Beradaptasi dengan Baik Hadapi Covid-19 Melalui Digitalisasi

- 1 April 2022, 10:05 WIB
Ilustrasi, Bupati Tabanan ungkap adaptasi Covid-19 lewat digitalisasi antara pemerintah dan masyarakat baik.
Ilustrasi, Bupati Tabanan ungkap adaptasi Covid-19 lewat digitalisasi antara pemerintah dan masyarakat baik. /Pexels/

RINGTIMES BALI – I Komang Gede Sanjaya selaku Bupati kabupaten Tabanan mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat telah beradaptasi dengan baik dalam pandemi Covid-19 melalui digitalisasi di setiap aspek kehidupan.

Dalam pembukaan resmi musyawarah perencanaan pembangunan kabupaten (Musrenbangkab) RKPD semesta berencana tahun 2023 pada Selasa, 29 Maret 2022.

Bupati Tabanan tersebut mengatakan hal itu merupakan salah satu bentuk perwujudan tatanan Tabanan era baru yang aman, unggul, dan madani.

Baca Juga: Imigrasi Bali Deportasi WNA asal Perancis Atas Kepemilikan Sabu dan Senjata Api  

Menurut Komang Gede Sanjaya Musrenbangkab sesuai dengan amanat permendagri Nomor 86 Tahun 2017, dimana proses dilakukan berjenjang dan telah memenuhi tiga aspek yang meliputi partisipasi masyarakat, politik, dan teknokratik.

Pemerintah tengah fokus kepada kebijakan pembangunan kabupaten Tabanan di tahun 2023, dengan tema “Pemulihan Ekonomi Menuju Tabanan Era Baru, Aman, dan Madani” yang bermakna bahwa serangkaian program serta kegiatan pembangunan daerah yang dirancang merupakan rangka untuk memulihkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Bupati Tabanan tersebut menegaskan agar lebih menggalangkan percepatan pembangunan diawali dari desa.

Baca Juga: Jokowi: Mudik Tidak Sedikit, Jangan Bandingkan MotoGP, Vaksin Lengkap Tambah Booster

“Ini merupakan bagian dari nawa cita bapak Presiden yaitu membangun desa dari pinggiran, lebih jauh lagi, karena hanya di Tabanan satu-satunya kabupaten di Bali yang seluruh wilayahnya terbagi habis menjadi desa,” ucapnya dikutip dari laman Antara.

Dalam keterangannya, ia mengatakan peran desa untuk lebih dikuatkan menjadi ‘guna desa’ mulai dari regulasi yang mendorong desa untuk memanfaatkan teknologi digital dan pengelolaan sistem informasi desa yang dikembangkan mandiri untuk menjamin data desa presisi.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x