Pertalite Resmi Jadi BBM Khusus Penugasan, Pertamax Melambung Jadi Rp16.000

- 30 Maret 2022, 18:55 WIB
BBM Pertalite resmi menjadi bahan bakar khusus penugasan.
BBM Pertalite resmi menjadi bahan bakar khusus penugasan. /Instagram.com/@pertamina

RINGTIMES BALI – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sah menjadi bahan bakar khusus penugasan dan akan disubsidi sehingga menyebabkan harga Pertamax melambung hingga Rp16.000.

Resminya Pertalite menjadi BBM khusus penugasan ini sudah sesuai dengan keputusan menteri ESDM yang dikeluarkan pada tanggal 10 Maret 2022 silam.

Dengan sahnya Pertalite menjadi bahan bakar khusus penugasan, hal ini memicu peningkatan harga bahan bakar jenis Pertamax yang merangkak naik sampai di harag Rp16.000.

Baca Juga: Erick Thohir Tingkatkan Terminal LNG dan Galangan Khusus Yacht Dukung Pemulihan Ekonomi Bali

Seperti dilansir dari Antara pada Rabu 30 Maret 2022, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan bahan bakar Pertalite sebagai BBM khusus penugasan atau JBKP.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan ketetapan itu berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tanggal 10 Maret 2022 tentang JBKP.

Dalam rapat dengan pendapat, Tutuka Ariadji mengungkapkan bahwa kuota bahan Bakar Minyak khusus untuk penugasan sebesar 23,05 juta kilo liter yang disesuaikan denagn kebutuhan nasional.

Baca Juga: Prediksi Soal SBMPTN UTBK TKA Soshum Geografi Beserta Pembahasan Lengkap Terbaru 2022

"Kuota JBKP pertalite tahun ini ditetapkan sebesar 23,05 juta kiloliter," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Selasa 29 Maret 2022 lalu.

Direktur Jenderal Minyak dan gas Bumi juga mengungkapkan bahwa sampai bulan Februari 2022, realisasi penyaluran Pertalite sudah mencapai 4,258 juta kiloliter.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x