Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Adakan Program Bersih Pantai Guna Sambut Presidensi G20

- 19 Februari 2022, 15:29 WIB
Ilustrasi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan adakan program bersih pantai guna sambut Presidensi G20.
Ilustrasi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan adakan program bersih pantai guna sambut Presidensi G20. / ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

RINGTIMES BALI – Jelang agenda akbar Presidensi G20 di Bali, Sekolah Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja Jurusan Dharma Duta mendakan program bersih pantai di wilayah pantai bagian utara Pulau Dewata.

Agenda bersih pantai ini dilakukan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja agar lingkungan menjadi lestari khususnya saat acara Presidensi G20 berlangsung.

Selain itu, Nyoman Suradika selaku Ketua Jurusan Dharma Duta Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan, juga menjelaskan agenda ini sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis lembaga mereka yang keenam.

Baca Juga: Latihan Soal UTS PTS Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 Sesuai Kurikulum 2013 Beserta Pembahasan Part 2

Pada usia yang keenam tersebut, Nyoman Suradika ingin lembaganya berpartisipasi dalam program pemerintah khususnya dalam usaha untuk menjaga lingkungan.

Ia menambahkan, program bersih pantai ini juga bagian dari filosofi agama Hindu yaitu Tri Hita Karana guna menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, sesama dan lingkungan sekitar.

Salah satu tujuan dari kegiatan bersih pantai ini memang mewujudkan hubungan harmonis antara manusia dan alam.

Baca Juga: Latihan Soal UTS PTS Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 Sesuai Kurikulum 2013 Beserta Pembahasan Part 2

Selain itu, Nyoman Suradika juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bagian dari implementasi spirit filosofi agama Hindu yang sangat memuliakan Dewa Baruna sebagai penguasa lautan.

Laut juga diyakini sebagai sarana pembersih unsur-unsur kotor dalam hidup.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x