Waspada Macet di Legian, Prosesi Ngerehan Hentikan Akses Jalan 3 Februari 2022

- 31 Januari 2022, 14:07 WIB
Desa Adat Legian gelar ritual Ngerehan, akses jalan dan penerangan dihentikan.
Desa Adat Legian gelar ritual Ngerehan, akses jalan dan penerangan dihentikan. /Ringtimes Bali/Ni Putu Putri Muliantari

RINGTIMES BALI – Desa Adat Legian memberi arahan terkait penutupan jalan saat prosesi Ngerehan yang akan dilaksanakan pada Kamis, 3 Februari 2022. 

Ngerehan atau Mesuci Laksana akan berlangsung sejak pukul 20.00 WITA dan berakhir sekitar pukul 2.00 WITA, sehingga beberapa jalan utama dari Pura Agung Desa Adat Legian menuju Setra atau kuburan akan ditutup. 

Prosesi Ngerehan yang berlangsung 2 hingga 5 tahun sekali ini kembali dihadirkan Desa Adat Legian setelah salah satu orang suci mendapat pawisik (bisikan) untuk mengadakan ritual ini. 

Baca Juga: Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 187, Menyusun Mosi dari Sebuah Tema

Imbauan mengenai akses jalan pada hari puncak Ngerehan disampaikan langsung oleh Ketua LPM Desa Adat Legian I Wayan Puspa Negara pada Senin, 31 Januari 2022. 

“Nanti yang ditutup pertama adalah Jalan Legian, kemudian Jalan Sriwijaya, Jalan Patih Jelantik, dan sebagian dari Jalan Majapahit,” kata I Wayan Puspa Negara kepada media. 

Penutupan akses jalan akan berlangsung berselingan, karena ritual Ngerehan akan dimulai dari keberangkatan barong atau Rangda menuju setra. 

Baca Juga: Surat Dinas, Kunci Jawaban Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 252-253 Terbaru 2022

Lebih jelas, khusus Jalan Legian penutupan akan berlangsung pukul 8 hingga 10 malam, namun jalan lainnya ditutup total sejak acara dimulai hingga berakhir. 

Namun jadwal tersebut dipertegas sebagai jam yang tentatif, ada kemungkinan acara akan berlangsung molor atau dipercepat. 

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x