Kapolri Listyo Resmikan Forum Sipanduberadat, Bali Jadi Panutan Wilayah se-Indonesia

- 28 Januari 2022, 16:00 WIB
Kapolri kukuhkan Forum Sipanduberadat bersama Gubernur Bali Wayan Koster
Kapolri kukuhkan Forum Sipanduberadat bersama Gubernur Bali Wayan Koster /Ni Putu Putri Muliantari/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo M.Si meresmikan Forum Sipanduberadat atau Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat di Bali. 

Peresmian Sipanduberadat dihelat di Gedung Ksirarnawa, Art Cente yang dihadiri Kapolri Listyo Sigit, Gubernur Wayan Koster, Kapolda Bali dan Ketua Majelis Desa Adat Bali. 

Kapolri memberikan apresiasinya terhadap Provinsi Bali sebagai inisiator terbentuknya Forum Sipanduberadat. 

Baca Juga: Perdagangan Antarpulau, Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 157 Terbaru 2022 Tabel 3.4

Sipanduberadat menjadi salah satu bentuk kemitraan polisi dengan masyarakat berbasis community policing, yang memiliki komponen seperti Bankamda, pecalang, linmas, satpam, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. 

“Baru saja saya mengukuhkan rekan-rekan yang ada di dalam Forum Sipanduberadat yang diikuti oleh 1000 lebih desa adat di wilayah Bali. Saya sangat mengapresiasi inisiasi dari bapak gubernur (Wayan Koster) untuk membentuk forum keamanan yang menjadi salah satu kekuatan untuk menjaga stabilitas kamtibmas,” kata Kapolri Listyo pada Jumat, 28 Januari 2022. 

Sipanduberadat memiliki fungsi preemtif dan preventif terbatas dalam penanganan keamanan dan ketertiban lingkungan di desa adat dengan mengutamakan penyelesaian permasalahan secara damai. 

Baca Juga: Mengenal Sistem Periodik Unsur dan Hukum Atom, Pembahasan Materi IPA Kelas 10 SMA Semester 2

Berdasarkan tuturan Gubernur Bali Wayan Koster hari ini, Provinsi Bali memiliki 1.463 Desa Adat yang bertahan bahkan jauh sebelum kemerdekaan. 

Inilah yang menjadi salah satu alasan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di wewidangan atau wilayah yang dimiliki desa adat. 

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x