Tahun Ini Pawai Ogoh-Ogoh Sudah Diizinkan di Bali, Aturan Ketat Harus Dipenuhi

- 8 Januari 2022, 20:22 WIB
Tahun Ini Pawai Ogoh-Ogoh Sudah Diizinkan di Bali, Aturan Ketat Harus Dipenuhi
Tahun Ini Pawai Ogoh-Ogoh Sudah Diizinkan di Bali, Aturan Ketat Harus Dipenuhi /@ogohogoh/instagram

RINGTIMES BALI – Akhirnya masyarakat Bali bisa bernafas lega karena Majelis Desa Adat (MDA) telah memperbolehkan pembuatan dan pawai Ogoh-ogoh pada tahun 2022 ini.

Hal ini diketahui setelah beredar pesan DM mengenai diberikannya izin bagi penyelenggaraan pawai ogoh-ogoh tahun 2022 untuk malam pengerupukan atau sehari menjelang perayaan tahun baru saka.

Selain dari MDA, Gubernur Bali Wayan Koster juga mendukung pembuatan ogoh-ogoh pada malam pengerupukan melalui Surat Gubernur Bali Nomor: 8.19.430/287/Kes/-DISBUD tentang Penegasan Pembuatan dan Pawai Ogoh-ogoh Menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944.

Baca Juga: Download Lagu Widodari Denny Caknan feat. Guyon Waton MP3 MP4 Beserta Lirik, Tinggal Klik Link

Meski sudah mendapatkan izin resmi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pembuatan ogoh-ogoh 2020 untuk malam pengerupukan.

Pertama, bahan pembuatan Ogoh-ogoh harus ramah lingkungan. Gubernur Bali tidak ingin ogoh-ogoh dibuat dari bahan polistirena (styrofoam) atau plastik.

Kedua, setiap Banjar hanya boleh buat 1 ogoh-ogoh. Artinya pemerintah membatasi adanya ogoh-ogoh yang dibuat masyarakat.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Penilaian Harian Tema 6 Kelas 5 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan, Edisi Revisi

Ketiga, pawai ogoh-ogoh harus memperhatikan kondisi yang masih dilanda covid 19 sehingga harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x