Para Pemimpin G20 Sepakat Bantu Krisis Kemanusiaan di Afghanistan

- 13 Oktober 2021, 11:35 WIB
Ilustrasi, para pemimpin G20 sepakat untuk membantu krisis kemanusian di Afghanistan setelah Taliban berkuasa.
Ilustrasi, para pemimpin G20 sepakat untuk membantu krisis kemanusian di Afghanistan setelah Taliban berkuasa. /Reuters/Stringer

RINGTIMES BALI – Para pemimpin G20 sepakat untuk membantu krisis kemanusian di Afghanistan pada Selasa, 12 Oktober 2021 di Roma, Italia.

Hal itu disepakati usai Uni Eropa menjanjikan paket bantuan 1 miliar Euro, serta komitmen Italia untuk menekan kontak dengan Taliban.

Saat Taliban melakukan pembicaraan pertama dengan delegasi AS-Uni Eropa di Qatar, Joe Biden, Recep Tayyip Erdogan dan Narendra Modi turut bergabung dalam pertemuan.

Baca Juga: Taliban Bikin Geger Warga Afghanistan Usai Gantung Mayat di Lapangan

Mereka melakukan pembicaraan puncak secara virtual membahasa krisis ekonomi serta kemanusiaan yang kini makin membayangi masa depan Afghanistan sat Taliban berkuasa.

Uni Eropa membuka pembicaraan dengan menjanjikan 1 miliar Euro atau 1,2 miliar USD, itu termasuk uang untuk kebutuhan kemanusiaan.

Semua dana tersebut untuk kebutuhan yang mendesak, serta membantu tetangga Afghanistan yang menerima warga Afghanistan yang melarikan diri dari pemerintahan Taliban.

Baca Juga: Taliban Izinkan Perempuan Kuliah tapi Dipisah Gender

Perdana Menteri Italia Mario Draghi mendorong pertemuan Kelompok 20 dan bersikeras usai Taliban berhasil mengusai pemerintahan.

Di sisi lain, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir. Tetapi Draghi bersikeras mereka semua sepakat perlunya membantu lebih banyak.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x