Mata-mata Inggris Sebut Pemerintahan Taliban Bisa Bangkitkan Ekstremis

- 11 September 2021, 14:50 WIB
Ilustrasi, kepala mata-mata Inggris menyebut pemerintahan Taliban dapat mendorong ekstremis.
Ilustrasi, kepala mata-mata Inggris menyebut pemerintahan Taliban dapat mendorong ekstremis. /REUTERS/Stringer

RINGTIMES BALI – Kepala mata-mata Inggris Ken McCallum menyebut pemerintahan Taliban di Afghanistan disebut sebagai dorongan moral para ekstrimis melakukan hal serupa di tempat lain.

Ken McCallum menuduh bahwa apa yang dilakukan Taliban saat ini akan memberi ekrimis basis operasi seperti serangan pada tragedi 9/11 tahun 2001.

McCallum sendiri menjabat sebagai direktur jenderal Dinas Keamanan, yang paling terkenal dengan inisial nama Intelijen Militer Bagian 5.

Baca Juga: PBB Respon Tindakan Keras Taliban pada Demonstran di Kabul

"Kami menghadapi perjuangan global yang konsisten untuk mengalahkan ekstremisme dan menjaga dari terorisme," kata McCallum dalam wawancara pada malam peringatan serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat dikutip dari CNA.

Inggris sendiri terakhir menghadapi serangan teroris pada 2017 ketika seorang pembom menyerang konser di Manchester dan serangan pisau di dua jembatan di kota London.

Usai serangan itu polisi dan dinas intelijen telah menggalkan 31 rencana akhir untuk menyerang Inggris, kata McCallum. Ia menyebut militan seperti itu akan terinspirasi oleh keberhasilan Taliban.

Baca Juga: Taliban Janji Hormati Hak Perempuan Usai Berkuasa di Afghanistan

"Dalam semalam Anda bisa mendapatkan dorongan psikologis, dorongan moral bagi para ekstremis yang di sini atau di negara lain," ujarnya.

 "Tidak ada keraguan bahwa peristiwa baru-baru ini di Afghanistan akan membesarkan hati dan menguatkan beberapa ekstremis itu,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x