Jet Tempur Malaysia Cegat Konvoi Pesawat Militer China di Dekat Kalimantan

- 2 Juni 2021, 13:39 WIB
Jet Tempur Malaysia cegat pesawat militer China yang mendekati wilayah Malaysia.
Jet Tempur Malaysia cegat pesawat militer China yang mendekati wilayah Malaysia. /Facebook.com/Tentera Udara Diraja Malaysia

RINGTIMES BALI - Angkatan Udara Malaysia pada Senin 31 Mei 2021 mengerahkan jet tempur setelah sejumlah pesawat angkut militer China terdeteksi menuju wilayah udara Malaysia bagian timur.

Royal Malaysian Air Force (RMAF) mengatakan telah mengidentifikasi 16 pesawat China melakukan penerbangan mencurigakan di ruang udara zona maritim Malaysia.

Dilansir dari CNA, pesawat militer milik Angkatan Udara China terdeteksi mendekati wilayah udara Malaysia di dekat Kota Kinabalu, Kalimantan pada 31 Mei 2021 kemarin.

Baca Juga: Joe Bidan Siapkan Dana Dongkrak Pertahanan AS untuk Lawan China dan Rusia

Menurut keterangan RMAF, ada 16 pesawat militer China diidentifikasi oleh radar pertahanan RMAF di Sarawak pada pukul 11.53 pagi waktu Malaysia.

Dikatakan juga bahwa pesawat China melakukan formasi taktis in-trail 60 mil laut satu sama lainnya.

“Pesawat terbang dalam formasi itu menggunakan titik masuk dan keluar yang sama. Pesawat kemudian berganti arah menuju ruang udara Beting Patinggi Ali yang penting bagi Negara,” kata RMAF.

Sebelumnya  pesawat militer China terbang melalui FIR Singapura lalu mendekat dalam jarak 60 mil laut dari pantai Sarawak sehingga  RMAF menempatkan jet Hawk 208 dari skuadron No 6 dalam siaga tinggi.

Baca Juga: China Laporkan Kasus Flu Burung Pertama yang Terjadi pada Manusia

“Akibat intersepsi udara yang dilakukan, RMAF telah mengidentifikasi pesawat tersebut sebagai pesawat Ilyushin Il-76 dan Xian Y-20. Pesawat jenis ini merupakan pesawat angkut yang strategis dan mampu melakukan berbagai misi,” kata RMAF.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x