Ini Diet Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah, Menurut Ahli Gizi

- 10 Februari 2024, 23:27 WIB
Ilustrasi - Diet. ANTARA/Shutterstock
Ilustrasi - Diet. ANTARA/Shutterstock /

RINGTIMES BALI - Menurut studi terbaru, diet yang cocok untuk menjaga kesehatan jantung adalah diet ‘DASH’. DASH adalah singkatan dari “Dietary Approaches to Stop Hypertension”, pola makan yang dikhususkan untuk mencapai tekanan darah yang normal.

Dilansir dari laman The Healthy dan menurut Lauren Manaker, ahli gizi diet dan dokter pengobatan keluarga di Austin, berikut ini penjelasan mengenai diet DASH dan makanan apa saja yang perlu dihindari untuk menjaga Kesehatan jantung.

Diet DASH awalnya merupakan rencana makan yang digalakkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute, DASH Diet dimaksudkan untuk membantu mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Para ahli menekankan bahwa keberhasilan diet ini adalah dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.

Diet DASH menekankan pada makanan yang mengandung nutrisi tertentu, mendorong orang untuk fokus mendapatkan cukup kalsium, magnesium, dan potassium. Tiga nutrisi inilah yang berdampak positif pada kesehatan jantung dan dapat membantu tubuh menjaga tekanan darah yang sehat.

Diet DASH membatasi jumlah lemak jenuh dalam makanan yang berasal dari daging berlemak, makanan olahan susu berlemak, hingga minuman manis. Lemak jenuh menyebabkan kolesterol “jahat” meningkat, tekanan darah tinggi serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Diet Lebih Memuaskan Menurut Ahli Diet Olahraga

Menurut American Heart Association, asupan lemak jenuh hanya boleh 5-6% dari asupan kalori harian seseorang, misalnya untuk 2.000 kalori, berarti sekitar 120 kalori atau 13 gram. Diet DASH menganjurkan untuk membatasi asupan makanan lemak jenuh atau bahkan menghindarinya guna membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung.

Selain membatasi asupan lemak jenuh, diet DASH juga mengukur asupan natrium harian. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat bahwa asupan natrium yang tinggi berhubungan dengan peningkatan tekanan darah, itulah mengapa diet DASH membatasi natrium sebesar 2.300 - 1.500 miligram per hari.

Meskipun natrium adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan fungsi sel dan menghantarkan sinyal saraf, terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Hampir semua makanan olahan, makanan kemasan, dan makanan di restoran mengandung garam dalam jumlah tinggi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: thehealthy.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x