3 Gejala Asam Urat yang Wajib Diketahui

- 9 Maret 2021, 09:15 WIB
FOTO ilustrasi nyeri sendi.* /Boldsky/

RINGTIMES BALI – Sebagian orang terkadang merasakan nyeri sendi tanpa mengetahui alasannya. Waspadalah, bisa saja hal tersebut merupakan awal dari penyakit asam urat.

Asam urat yaitu limbah alami yang berasal dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin adalah zat atau senyawa yang secara alami dihasilkan oleh tubuh manusia.

Biasanya purin juga ditemukan dalam makanan yang sering dikonsumsi manusia seperti daging merah, sarden, minuman beralkohol maupun kacang kering.

Baca Juga: ShopeePay dan Kitabisa.com Berbagi Kebahagiaan di Bulan Kasih Sayang Melalui Gerobak Usaha

Pada kondisi normal, asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal dan dieksresikan dalam urin maupun feses.

Dilansir Ringtimesbali.com dari laman Healthline, penyakit asam urat terjadi karena adanya gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh.

Adapaun dampak yang dapat disebabkan asam urat yaitu bisa mengakibatkan hiperurisemia atau dikenal dengan tingkat asam urat yang tinggi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat Turunkan Asam Urat, Banyaklah Minum Air

Kejadian tersebut terjadi apabila produksi asam urat berlebih dan tubuh tidak mampu menyaringnya dengan cepat. Kelebihan asam urat dapat menyebabkan terjadinya pembentukan kristal yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada sendi.

Penumpukan asam urat di dalam darah dapat menimbulkan efek lain pada tubuh. Selain itu asam urat juga dapat menyerang sendi dan menimbulkan gejala. 

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Health Line


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X