Menparekraf Minta Generasi Muda Indonesia Ikut Kembangkan Ekonomi Kreatif

- 27 Maret 2023, 20:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno /editornews.id/

RINGTIMES BALI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno, minta keterlibatan serta peran aktif generasi muda Indonesia dalam mendukung dan mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia.

Sandiaga dalam dialog fokus di Kota Gorontalo, menyampaikan bahwa ekonomi kreatif mampu membuka lapangan kerja baru dan mendorong kemajuan pada sektor perekonomian di Indonesia, sehingga butuh peran aktif dari generasi muda.

“Peran generasi muda turut andil besar dalam menumbuhkan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif mendorong kemajuan perekonomian di Indonesia,” ucap Sandiaga, dilansir dari Antara, Senin, 27 Maret 2023.

Ia mengungkapkan bahwa selain mampu membuka lapangan kerja baru, ekonomi kreatif ini tidak membutuhkan modal yang begitu besar, bisa dilakukan pada sebagian besar lini dan daerah, yang jauh dari perkotaan sekalipun, misalnya pada desa wisata yang pertumbuhannya bagus.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dukung Santri Ponpes Manbaul Ulum Bondowoso Jadi Pengusaha

Lebih lanjut dijelaskan Sandiaga bahwa untuk memasuki era emas Indonesia 2045, kita harus bisa mengembangkan kekuatan bangsa. Sekitar 70 persen dari populasi Indonesia adalah mereka yang usia produktif, selain itu angsa kita merupakan salah satu dari antara negara-negara G20, yang tergolong kuat dari sisi perkembangan ekonominya.

Walaupun demikian, dengan jumlah 70 persen usia produktif, ditambah lagi dengan kaum milenial dan gen Z, sampai saat ini kita masih berhadapan dengan situasi yang tidak menentu dan kompleks, mulai dari gejolak pasca pandemi, perlambatan pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, sulitnya lapangan kerja, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Sandiaga terus mengajak dan mendorong generasi ini untuk berkambang, menciptakan peluang baru melalui ekonomi kreatif, karena ini merupakan target bangsa Indonesia guna menciptakan 4.4 juta lapangan kerja hingga tahun 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa ekonomi kreatif ini menjadi penggerak utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang mempercepat kebangkitan Indonesia pasca pandemi COVID-19. Ekonomi kreatif ini juga diharapkan bisa menjadi peluang terciptanya lapangan-lapangan kerja baru.

Halaman:

Editor: Mahatmanta

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x