Pemerintah Kota Denpasar Gelorakan Semangat Literasi, Gelar Workshop Tingkatkan Minat Membaca dan Menulis

- 22 Maret 2024, 10:00 WIB
Pemkot Denpasar gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Bunda Literasi dan Pengiat Literasi di Denpasar, di Hotel Aston Denpasar, Kamis (21/3)
Pemkot Denpasar gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Bunda Literasi dan Pengiat Literasi di Denpasar, di Hotel Aston Denpasar, Kamis (21/3) /Dok. Humas Denpasar/

RINGTIMES BALI - Pemerintah Kota Denpasar terus menggelorakan semangat literasi di kalangan masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Bunda Literasi dan Pengiat Literasi di Denpasar di Hotel Aston Denpasar pada Kamis (21/3). Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat membaca dan menulis di masyarakat. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Bunda Literasi Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional RI Nurhadi Saputra, S.Sos. M.Si dan Penggerak Literasi Nyalanesia Jemima Mulyandari.

Bunda Literasi Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh Bunda Literasi Desa/Lurah di Kota Denpasar untuk memperdalam kegemaran membaca dan menulis. Hal ini mengingat pentingnya membaca secara menyeluruh untuk meningkatkan kecerdasan, termasuk memahami isu-isu aktual melalui berita dengan detail. 

Dikatakannya, menulis bukanlah tentang keahlian mengarang, namun tentang keberanian untuk menuangkan pengalaman dalam bentuk tulisan, seperti dalam sebuah buku harian. Sehingga kegiatan menulis dapat menjadi sarana untuk merekam kehidupan sehari-hari dan menciptakan karya yang berharga. 

Baca Juga: Ny. Rai Wahyuni Sanjaya Bersama Bupati Tabanan Resmikan Pojok IKM Dekranasda Tanah Lot

Melalui kegiatan  ini, Sagung Antari Jaya Negara mengharapkan setiap Bunda Literasi dapat menjadi pelopor literasi bagi generasi penerus bangsa dengan menuliskan dan membaca dengan rajin, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih berpengetahuan dan terdidik.

 "Bunda Literasi Desa/Lurah tidak perlu khawatir, karena tulisan-tulisan akan melalui proses editing sebelum dicetak menjadi buku," ujar Sagung Antari yang juga secara langsung telah melakoni dengan membuat buku tentang Peran Perempuan Dalam Perayaan Hari Suci Galungan. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar Dewa Nyoman Sudarsana usai acara mengaku bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh Bunda Literasi Desa/Lurah Se Kota Denpasar. 

Adapun Workshop Peningkatan Kapasitas Bunda Literasi dan Pengiat Literasi di Denpasar ini mengusung tema "Literasi Keluarga Mewujudkan Masyarakat Berpengetahuan Melalui Strategi Peningkatan dan Promosi Budaya Gemar Membaca dan Literasi". Tak main-main, dalam kegiatan ini juga turut mendatangkan narasumber ahli bidang literasi yakni  RI Nurhadi Saputra dan Anak Agung Sri Wahyuni.***

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x