Dispar Badung Optimis Kunjungan Wisatawan Jerman Meningkat hingga 40 Persen

- 19 Maret 2024, 07:00 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Nyoman Rudiarta. ~
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Nyoman Rudiarta. ~ /Ringtimes Bali / Pikiran Rakyat Media Network/Ist.

RINGTIMES BALI - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Badung optimis kunjungan wisatawan mancanegara asal Jerman akan meningkat sekitar 30-40 persen di tahun 2024.

Keoptimisan itu muncul, setelah Dispar bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah Badung dan berkolaborasi dengan Aliansi Promosi Pariwisata Indonesia menggelar sales mission di Kota Munchen dan Frankfurt, Jerman, pada 27 Februari hingga 4 Maret 2024.

"Wisatawan Jerman termasuk dalam 10 besar jumlah kunjungan wisatawan ke Bali pada tahun 2023, yakni sebanyak 196 ribu kunjungan. Melalui sales mission, kami memprediksi akan terjadi peningkatan sebanyak 30-40 persen dari jumlah itu," ujar Kepala Dinas Pariwisata Badung I Nyoman Rudiarta, Senin (18/3/2023) di Mangupura.

Dia menjelaskan, strategi sales mission di luar negeri ini memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan asing ke Pulau Dewata. Hal itu berdampak pada menggeliatnya kembali ekonomi pariwisata di daerah, yang memiliki efek terjadinya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan ditengah masyarakat.

Baca Juga: Diklat Sertifikasi dan Kompetensi untuk Perkuat SDM Koperasi di Badung

Selain itu, dalam menjalankan sales mission tersebut, pihaknya turut mengundang 140 agen ritel yang selama ini telah berkontribusi membawa wisatawan.

Ditambah juga mengikutsertakan 18 delegasi, yang merupakan pelaku industri pariwisata di Badung yang bertugas melaksanakan promosi secara business to business.

"Delegasi Badung berupaya mempromosikan keindahan alam, kekayaan budaya, keragaman destinasi wisata, kondisi sektor pariwisata dan segala sarana prasarana yang telah diwujudkan. Contohnya penataan kawasan pantai Seminyak, Legian dan Kuta,” kata Rudiarta.

Selama melakukan sales mission, Rudiarta mengatakan, mendapatkan respon yang sangat baik dari pelaku industri pariwisata di Jerman.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x