12 Ogoh-Ogoh Terbaik se-Denpasar Meriahkan Kasanga Festival 2024

- 2 Maret 2024, 01:40 WIB
Atraksi parade Ogoh-Ogoh dalam Kesanga Festival 2024, di Kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar, Jumat (1/3/2024).~
Atraksi parade Ogoh-Ogoh dalam Kesanga Festival 2024, di Kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar, Jumat (1/3/2024).~ /Pikiran Rakyat Media Network/Dre

RINGTIMES BALI - Sebanyak 12 ogoh-ogoh (boneka raksasa) terbaik se-Kota Denpasar meriahkan Kasanga Festival 2024 yang dipentaskan di Kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar, Jumat (1/3/2024).

Parade ogoh-ogoh yang tampil merupakan hasil karya kelompok pemuda atau Sekaa Teruna Teruni (STT) dari sejumlah banjar di Denpasar.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara menjelaskan, parade yang hadir di Kesanga Festival ini sebagai bentuk penyaluran bakat dan seni generasi muda dalam bidang ogoh-ogoh.

"Festival ini merupakan wadah untuk memberikan ruang penyaluran bakat seni secara positif agar mampu memberikan manfaat bagi perkembangan seni di Denpasar," katanya.

Meskipun guyuran hujan sempat membasahi tempat berlangsungnya acara, namun hal itu tak menyurutkan semangat dan antusiasme warga Denpasar untuk hadir menyaksikan parade. Bahkan sebagian besar warga terlihat duduk di jalanan dengan tertib agar bisa menyaksikan ke-12 finalis parade ogoh-ogoh beraksi.

Atraksi parade Ogoh-Ogoh dalam Kesanga Festival 2024, di Kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar, Jumat (1/3/2024).~
Atraksi parade Ogoh-Ogoh dalam Kesanga Festival 2024, di Kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar, Jumat (1/3/2024).~ Dok. Ist/ Swashtika Wijaya

Diketahui, hasil penjurian untuk mencari pemenang terbaik telah dilakukan pada 17-18 Februari 2024. Adapun sejumlah finalis ogoh-ogoh, yaitu untuk Kecamatan Denpasar Utara yakni ST. Cantika, Banjar Sedana Mertha Ubung; ST. Werdhi Sesana, Br. Tega, Tonja; dan ST. Eka Pramana, Br. Merta Rauh, Desa Dangin Puri Kangin.

Di Kecamatan Denpasar Timur terdiri dari ST. Shanti Yowana, Br. Yangbatu Kangin, Yangbatu; ST. Yowana Werdhi, Br. Batan Buah, Kesiman; dan ST. Mekar Sari, Br. Kesambi, Kesiman. 

Sedangkan perwakilan dari Kecamatan Denpasar Selatan yakni ST. Dharma Subiksa, Br. Sasih Panjer; ST. Canti Graha, Br. Tengah Sesetan; dan ST. Sukerela, Br. Kepisah Pedungan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x