Bupati Giri Prasta Tanda Tangani Prasasti Pura Pasek Agung Tegal

- 25 Februari 2024, 21:45 WIB
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta selaku MGPSSR Provinsi Bali saat menghadiri karya melaspas sekaligus menandatangani prasasti di Pura Pasek Agung Tegal, Desa Pemecutan Denpasar, Sabtu (24/2).
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta selaku MGPSSR Provinsi Bali saat menghadiri karya melaspas sekaligus menandatangani prasasti di Pura Pasek Agung Tegal, Desa Pemecutan Denpasar, Sabtu (24/2). /Humas Badung

RINGTIMES BALI - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali, menghadiri karya melaspas sekaligus menandatangani prasasti Pura Pasek Agung Tegal, Desa Pemecutan Denpasar, bertepatan dengan Rahina Purnama Kasanga, Sabtu (24/2).

Turut hadir Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Kadis Kebudayaan Denpasar, Camat Denpasar Barat, Ketua PHDI Bali, Ketua PHDI Denpasar, Bendesa Adat Denpasar serta krama pengempon pura.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan dana Pemkab Badung sebesar Rp 2 miliar lebih dan secara pribadi membantu Rp 40 juta.

Baca Juga: Karya Ngenteg Linggih dan Piodalan di Gedung Mako Polres Bandara Ngurah Rai

Dalam sambutannya Bupati Nyoman Giri Prasta menyampaikan rasa bangga dan bahagianya bisa hadir sekaligus menyaksikan Karya Melaspas Pura Pasek Agung Tegal .

Diharapkan dalam upacara ini dilaksanakan dengan cara gotong royong, dan bersama- sama secara tulus ikhlas.

Dalam pelaksanaan Pujawali ini dapat dikatakan, Puja itu dilaksanakan oleh Sulinggih bersama Pemangku dan Walinya dilaksanakan oleh Welaka, ada Sekaa Gong, Pesantian, dan Topeng Sidakarya.

Lebih lanjut dikatakan, pengempon Pura Pasek yang pertama wajib dilaksanakan adalah astiti ke Ida Hyang Widhi Wasa, kedua bakti ke Kawitan, Ketiga tindih ke Bhisama, dan terakhir Guyub ke Pasemetonan.

Baca Juga: Usung Pelestarian Adat dan Seni Budaya Tabanan, Festival Ogoh-ogoh Singasana Tahun 2024 Resmi Dibuka

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x