Bupati Sanjaya Apresiasi Semangat Pesemetonan Jero Beng Dalam Menjaga Warisan Leluhur

- 9 Februari 2024, 18:00 WIB
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri kegiatan Temu Kangen yang diselenggarakan oleh Pesemetonan Jero Beng Tabanan
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri kegiatan Temu Kangen yang diselenggarakan oleh Pesemetonan Jero Beng Tabanan /Humas Tabanan

RINGTIMES BALI - Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri kegiatan Temu Kangen yang diselenggarakan oleh Pesemetonan Jero Beng Tabanan sekaligus melaksanakan monitoring pembangunan Penyengker Merajan Ageng Jero Beng Dajan Peken yang bertempat di Jero Beng, Banjar Lebah, Desa Dajan Peken, Tabanan, Jumat, (9/2).

Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi semangat Pesemetonan Jero Beng dalam menjaga kelestarian tradisi, adat, agama dan budaya yang ada.

Terbukti, dimana kehadiran Bupati Tabanan dan jajaran saat itu disambut Gamelan Beleganjur, kemudian melaksanakan persembahyangan bersama di Merajan Ageng Jero Beng, kemudian disuguhkan Tari Gebyar Duduk Karya Maestro I Ketut Marya.

Baca Juga: Bupati Tamba Serahkan Secara Simbolis Bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah

"Yang perlu kita bangun di Tabanan saat ini adalah identitas, jati diri, ataupun karakter. Kalau bukan identitas yang kita bangun, maka akan sangat kasihan sekali. Bagaimana leluhur kita dengan tumpah darah semangat berjuang membangun Tabanan kalau tidak kita ketok tularkan pada era saat ini," tegas Sanjaya dalam sambutannya saat itu.

Turut hadir saat itu I Made Supartha selaku anggota DPRD Provinsi Bali, Nu Made Rahayuni anggota DPRD Tabanan, Sekda, para Asisten dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Camat, Perbekel dan Bendesa Adat Kota Tabanan beserta jajaran, Penglingsir Jero Beng, Pengurus Pesemetonan Jero Beng, serta warga Pesemetonan yang hadir.

Berbicara tentang tradisi, adat, agama dan budaya di Tabanan, Sanjaya mengatakan tidak terlepas dari peran Puri dan Jero yang diharapkan semakin meningkatkan jati diri kita sebagai orang Tabanan.

Maka dari itu, bukan pembangunan di Jero Beng yang mendapat perhatian, bahkan pihaknya selalu mendukung dan menghadiri kegiatan pembangunan di seluruh Puri dan Jero khususnya yang ada di Tabanan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x