Giri Prasta Tanda Tangani Prasasti Balai Banjar Pemijian Desa Adat Carangsari Petang

- 2 Februari 2024, 16:10 WIB
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara melaspas dan menandatangani prasasti Balai Banjar Pemijian, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Jumat (2/2).
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara melaspas dan menandatangani prasasti Balai Banjar Pemijian, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Jumat (2/2). /Humas Badung

RINGTIMES BALI - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara melaspas, mendem pedagingan dan caru panca kelud, sekaligus menandatangani prasasti Balai Banjar Pemijian, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Jumat (2/2). 

Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Griya Gede Manuaba ini turut dihadiri anggota DPRD Bali I Bagus Alit Sucipta.

Anggota DPRD Badung Inda Trimafo Yuda, Camat Petang, Perbekel Desa Carangsari, Bendesa Adat Carangsari, Bendesa Adat Anggungan, tokoh muda Bimanata serta krama banjar Adat Pemijian.

Baca Juga: Terapkan Kurikulum Merdeka, Sekda Adi Arnawa Serahkan SK. Kepala Sekolah dan Guru

Sebagai wujud dukungan dan motivasi dalam melestarikan agama, adat, tradisi dan budaya Bupati Giri Prasta serahkan bantuan dana Pemkab Badung secara simbolis sebesar Rp. 2,4 miliar lebih dan pribadi sebesar Rp. 25 juta.

Bupati Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara Betari yang berstana di Pura Begawan Penyarikan Banjar Pemijian telah memberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara melaspas, mendem pedagingan. 

“Kehadiran kami disini untuk meringankan beban krama semua dan ini murni dari pikiran yang suci dan ning nirmala, serta kehadiran kami disini sekaligus menyerahkan bantuan serta memberi tanda tangan pada prasasti terkait dengan peresmian Balai Banjar Pemijian. Kita membuat sejarah baru sehingga infrastruktur ini bisa akan dinikmati selamanya oleh anak cucu kita yang ada di Banjar Pemijian,” ucapnya.

Baca Juga: Bupati Tabanan Hadiri Penyineban Rangkaian Karya Ngenteg Linggih Pura Basukian Puseh Jagat Besakih

Kedepan betul-betul menjadi masyarakat yang bahagia, dan harapannya kepada masyarakat Pemijian selalu bersatu antara anak-anak, pemuda dan orang tua karena dengan bersatu akan memberi jembatan emas bagi generasi kedepan, serta dihimbau kepada masyarakat pemijian boleh maju tapi jangan sampai menggerus akar adat, seni dan budaya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x