Laptop Tidak Bisa Mengisi, Ini 6 Tips Jitunya

- 6 Januari 2024, 11:00 WIB
Laptop Tidak Bisa Mengisi, Ini 6 Tips Jitunya
Laptop Tidak Bisa Mengisi, Ini 6 Tips Jitunya /

RINGTIMES BALI- Permasalahan laptop yang tidak bisa mengisi daya secara otomatis saat tersambung ke listrik perlu ditindaklanjuti sesegera mungkin.

Artikel ini akan menyajikan cara cepat mengatasinya. Jika Anda mengalami hal tersebut, ada beberapa penyebab yang perlu diperhatikan seperti adaptor pengisi daya tidak tersambung dengan benar, terkadang BIOS yang ketinggalan jaman atau kerusakan pada driver baterai. Berikut cara untuk mengatasi masalah terkait pengisian daya pada laptop.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru BCA, Simak Persyaratan Dan Ketentuanya

  1. Periksa Adaptor Laptop

Langkah pertama, Anda bisa memeriksa apakah kabel daya tersambung dengan benar ke adaptor. Jika koneksi longgar, bata adaptor tidak menerima daya dan laptop tidak dapat mengisi daya. Jika ternyata kabel daya tersambung longgar ke adaptor, Anda bisa memberikan tekanan lembut untuk memasukkannya lebih kuat ke dalam adaptor. Laptop mungkin tidak dapat mengisi daya karena soket dengan colokan adaptor tidak berfungsi. Anda bisa memverifikasi dengan masukkan steker adaptor ke soket lain dan periksa apakah laptop mengisi daya. Setelahnya, Anda telah memastikan soket asli atau sakelar terkait tidak berfungsi, lalu dapat menghubungi teknisi listrik untuk memperbaiki soket ini.

  1. Periksa Port dan Pin Pengisian Daya

Laptop yang masih tidak dapat diisi dayanya, Anda berarti harus memeriksa port pengisi daya laptop dengan cermat untuk mengetahui apakah ada debu atau kotoran yang mungkin menumpuk di dalamnya. Jika ada debu atau kotoran, pengisi daya tidak dapat menyuplai daya ke laptop yang pada akhirnya menyebabkan masalah. Anda bisa menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan kotoran, tetapi berhati-hatilah karena port pengisian daya sangat sensitif.

 Baca Juga: Dianggap Rasis Terhadap Wanita Berhijab, Arya Wedakarna Dikritik Ahmad Sahroni dan Niluh Djelantik

Anda juga bisa memeriksa pin pengisi daya dengan hati-hati. Seringkali, pin pengisi daya putus karena tekanan yang tidak merata atau dimasukkan ke port yang salah. Jika pin pengisi daya rusak, Anda dapat dengan mudah memotong pin dan menyambungkan yang baru. Namun, jika Anda tidak merasa percaya diri untuk memotong dan mengganti pin sendiri, sebaiknya hubungi ahli terkait untuk melakukannya.

  1. Biarkan Laptop Menjadi Dingin

Berikutnya, masalah laptop yang terlalu panas juga dapat menghentikan proses pengisian daya. Laptop mungkin kepanasan untuk melakukan tugas-tugas intensif CPU dan GPU.

Untuk mencegah skenario ini, produsen merancang laptop agar otomatis berhenti mengisi daya saat perangkat terlalu panas.

 Baca Juga: Bali United Wakili Indonesia pada Laga Internasional di Vietnam

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x