Rangkaian Karya Agung Panca Wali Krama di Kantor Bupati Tabanan

- 21 Desember 2023, 23:24 WIB
Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, bersama Istri, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, mengikuti prosesi Upacara Mendak Siwi, Kamis (21/12).
Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, bersama Istri, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, mengikuti prosesi Upacara Mendak Siwi, Kamis (21/12). /Dok. Humas Tabanan/

RINGTIMES BALI – Sebagai lanjutan pelaksanaan rentetan kegiatan Eedan Karya Agung Panca Wali Krama dan Ngenteg Linggih di Kantor Bupati Tabanan, usai melakukan Upacara Nedunan Ida Bhatara di Kantor Bupati, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E,M.M, bersama Istri, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, mengikuti prosesi Upacara Mendak Siwi di Pura Puseh Desa Adat Kota Tabanan, Kamis (21/12). 

Jatuh pada rahina Wrespati Umanis Sinta, rangkaian upacara yang juga diikuti oleh Sekda, Para Asisten Setda, dan jajaran OPD dan para Kepala Bagian di lingkungan Pemkab, para Camat dan para staf tersebut berlangsung tertib dan khidmat. 

Nampak Bapak dan Ibu Bupati dengan tekun mengikuti kegiatan dari awal acara hingga akhir. Tak lupa juga Sulinggih, Pemangku dan Prawartaka Karya dari Desa Adat Kota Tabanan menyertai penuh semangat. 

Upacara Prosesi Mendak Siwi, merupakan acara lanjutan setelah sebelumnya Nedunan Ida Bhatara yang dilakukan pagi ini. Setelah pada hari sebelumnya juga digelar acara Mendak Ida Bhatara Tirta di Pura Puseh Tabanan serta Pekemitan. 

Dikatakan dalam upacara ini, sebanyak 30 Ida Betara Tirta yang dipendak serangkaian upacara yang digelar di Kantor Bupati hingga selesai, Ida Betara tedun dari seluruh Bali, hingga Semeru dan Gunung Rinjani. 

Bupati Sanjaya beserta Bunda Rai saat itu juga memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap semangat para Prawartaka karya serta para pegawai yang turut ngaturang ayah dan masih dengan gigih melaksanakan upacara hingga selesai. 

"Hari ini, kita melakukan sebuah kegiatan ritual di Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam rangkaian Karya Agung Panca Wali Krama. Tujuan kita Pemerintah Daerah membangun Karya Agung adalah bagaimana kita mengembalikan, mengharmoniskan kantor masyarakat, sawa widangan di Kabupaten Tabanan," papar Sanjaya saat itu.

Yadnya ini juga dianggap sebagai wujud syukur pembersihan dari hal-hal yang bersifat negatif, setelah melalui masa Covid-19 yang sempat melanda di seluruh dunia. 

Baca Juga: Nedunan Ida Bhatara Di Padmasana Eedan Karya Agung Panca Wali Krama di Kantor Bupati Tabanan

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x