Bupati Sanjaya Apresiasi Kekompakan Pesemetonan Jro Gede Tajen

- 24 Oktober 2023, 20:40 WIB
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, menghadiri Uleman Ngupasaksi Pitra Yadnya Massal Pasemetonan Jero Gede Tajen, Banjar Dinas Tajen Jeroan, Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Selasa (23/10).
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, menghadiri Uleman Ngupasaksi Pitra Yadnya Massal Pasemetonan Jero Gede Tajen, Banjar Dinas Tajen Jeroan, Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Selasa (23/10). /Dok Humas Tabanan/

RINGTIMES BALI - Sebagai salah satu wujud perhatian Pemerintah kepada krama/masyarakat dalam melestarikan Adat,Tradisi, Agama, Seni dan Budaya setempat, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, menghadiri Uleman Ngupasaksi Pitra Yadnya Massal Pasemetonan Jero Gede Tajen, Banjar Dinas Tajen Jeroan, Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Selasa (23/10).

Dengan mengajak jajaran pemerintah, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi atas kekompakan dan semangat krama dalam membangun. Turut hadir mendampingi, salah satu anggota DPRD Tabanan atau yang mewakili, Asisten II, Kaban Brida, Kadisbud, 

Kadis PU atau yang mewakili, Kabag Kesra, Kabag Umum, Kabag Prokopim, serta Camat dan unsur Forkopincam Penebel. Nampak juga, Perbekel, Bendesa Adat dan juga masyarakat setempat.

Dalam rangka mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, termuat di dalamnya visi-misi bagaimana pemerintah melestarikan adat, agama dan seni budaya. 

Hal ini dikatakan Sanjaya telah dilaksanakan dengan baik oleh krama, dan tugas pemerintah selanjutnya adalah mengayomi masyarakat dengan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat.

Konsep upakara-upacara Pitra Yadnya atau pengabenan bersama yang dibangun pesemetonan Jro Gede Tajen dikatakan juga saat ini sangat luar biasa oleh Sanjaya. Apalagi yang dari dulu sampai sekarang sudah merupakan warisan dan bagian dari sebuah tradisi setiap 5 tahun sekali. 

“Nah baik sekali niki dan titiang di Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan menyambut baik akan terlaksananya upakara-upacara pengabenan, baik dilaksanakan oleh Desa Adat, baik yang dilaksanakan oleh pasemetonan, baik yang dilaksanakan oleh Desa Dinas maupun yang lainnya," ujar Sanjaya.

Baca Juga: Deklarasi Pemilu Damai di Denpasar, Kapolresta Komitmen Jaga Keamanan Masyarakat

Lebih lanjut, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan akan selalu mendukung kegiatan krama, apalagi berdasarkan kekompakan dan semangat gotong-royong. Pihaknya juga sangat menyambut baik kegiatan ini, dimana pemerintah tidak akan berhenti mensupport baik dari segi moril maupun materiil. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah