Peduli Lingkungan, 85 Siswa Pecinta Alam Gelar Baksos di Ulu Petanu Gianyar

- 26 September 2023, 15:58 WIB
Para siswa pecinta alam menggelar bakti sosial untuk lingkungan hidup di Air Terjun Ulu Petanu, Desa Kedisan, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, pada Sabtu (23/9/2023) dan Minggu (24/9/2023) ~
Para siswa pecinta alam menggelar bakti sosial untuk lingkungan hidup di Air Terjun Ulu Petanu, Desa Kedisan, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, pada Sabtu (23/9/2023) dan Minggu (24/9/2023) ~ /Andre Putra/Ringtimes Bali/Pikiran Rakyat Media Network

RINGTIMES BALI - Kepedulian terhadap lingkungan merupakan sikap yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap tersebut pun tercermin ketika 85 peserta yang merupakan Siswa Pecinta Alam (Sispala) dari tiga sekolah di Bali, menggelar bakti sosial (baksos) untuk lingkungan hidup, dari Sabtu (23/9/2023) dan Minggu (24/9/2023) di Air Terjun Ulu Petanu, Desa Kedisan, Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Mereka semua terdiri dari Sispala Wira Satya Mandala (SMAN 1 Kuta), Sispala Satya Giri Kerti (SMAN 2 Kuta Selatan) dan Sispala Aksara Mandala Bhakti (SMAN 12 Denpasar).

"Dalam baksos ini, ada dua kegiatan yang dilakukan, yakni melakukan penanaman 50 bibit pohon jenis alpukat dan nagasari serta penuangan cairan ecoenzym sebanyak 70 liter di sepanjang aliran Sungai Ulu Petanu," ungkap Ketua Panitia kegiatan, I Gusti Komang Jason Donovan, Selasa (26/9/2023).

Menurut pelajar yang merupakan anggota Sispala SMAN 1 Kuta ini mengatakan, selain melaksanakan baksos, pihaknya juga melaksanakan kemah ceria yang menjadi agenda rutin tahunan dari para siswa pecinta alam tersebut. Hal itu bertujuan untuk mengakrabkan diri antar sesama Sispala serta mendekatkan diri dengan alam.

"Karena kami berharap seluruh rentetan kegiatan positif ini dapat berdampak terhadap kelestarian alam, dan utamanya sebagai bakti kami untuk ibu pertiwi," tutur Jason.

Sementara Pembina Sispala, Ida Bagus Narayana mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan adik-adik tingkatnya. Apalagi menurutnya seluruh agenda kegiatan mendapat dukungan penuh dari masing masing sekolah yang terlibat.

"Semoga dapat berkelanjutan kedepannya. Karena ini adalah bentuk nyata dari Sispala untuk menjaga kelestarian alam, utamannya kelestarian sungai, sebagai sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup baik itu manusia, tumbuhan dan hewan," tandas Narayana.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x