Bupati Tabanan Hadiri Karya Pitra Yadnya Ngaben Masal Warga Desa Subamia

- 8 September 2023, 07:51 WIB
Bupati Tabanan Hadiri Karya Pitra Yadnya Ngaben Masal Warga Desa Subamia
Bupati Tabanan Hadiri Karya Pitra Yadnya Ngaben Masal Warga Desa Subamia /Dok Humas Tabanan/

RINGTIMES BALI – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M kembali tunjukkan dukungannya saat menghadiri karya pitra yadnya, Ngaben Massal yang digelar oleh warga Desa Subamia, dan berlangsung di Banjar Adat Subamia Kelong, Desa Adat Subamia, dengan penuh semangat gotong-royong. 

Perhelatan keagamaan ini menjadi bukti semangat kebersamaan di masyarakat Tabanan dalam menjaga tradisi dan kepercayaan leluhur, Kamis (7/9).

Kegiatan yang mendapat dukungan orang nomor satu di Tabanan, terhadap pembangunan yang berlangsung secara niskala ini juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Sekda Tabanan, Anggota DPRD, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan dan Para Kepala Bagian di lingkungan Setda Tabanan. 

Ngaben secara kolektif ini memiliki peran penting dalam menjalankan kewajiban, tanggung jawab serta penghormatan sebagai umat beragama, kepada para leluhur yang telah berpulang. 

Sebanyak 15 sawa dan 32 pemilet terdaftar untuk menjalani prosesi ngaben. Biaya ngaben sebanyak 10 juta per sawa sementara untuk pemilet yang menjalani prosesi ngelangkir, biaya yang dikeluarkan yaitu 500 ribu per pemilet. 

Baca Juga: Program Desa Antikorupsi, Bupati Giri Prasta: Badung Komit Laksanakan Pembangunan Desa AntiKorupsi

Sementara secara keseluruhan, sejumlah dana terkumpul dari partisipasi masyarakat, untuk memfasilitasi berbagai keperluan selama prosesi ngaben. 

Bupati Sanjaya yang siang itu hadir bersama jajaran, sampaikan apresiasinya terhadap semangat gotong-royong dan upaya keras warga Desa Subamia dalam menjaga dan melestarikan agama ini. 

Pihaknya menyatakan, semangat gotong-royong yang tinggi dalam menjalankan ngaben kolektif ini merupakan bukti nyata komitmen kita dalam menjalankan kewajiban, menghormati para leluhur serta sebagai wujud kebersamaan dan solidaritas yang harus terus dipertahankan. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x