Ribuan Orang Hadiri Upacara Peringatan HUT RI di GWK

- 17 Agustus 2023, 19:48 WIB
Ribuan peserta mengikuti upacara bendera peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke-78 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kamis (17/8/2023)/Ringtimes Bali/Andre Putra
Ribuan peserta mengikuti upacara bendera peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke-78 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kamis (17/8/2023)/Ringtimes Bali/Andre Putra /

RINGTIMES BALI - Cuaca mendung dan sedikit gerimis tak menyurutkan semangat sekitar 2000 orang untuk mengikuti upacara bendera peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke-78 yang dilaksanakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Culture Park, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pada Kamis (17/8/2023).

Kehadiran ribuan orang ini berasal dari sejumlah instansi, sekolah, tokoh masyarakat dan segenap warga di seputaran Kecamatan Kuta Selatan. Mereka sangat khidmat mengikuti rangkaian upacara hingga pengibaran bendera 'sang merah putih'. Bahkan jelang berakhirnya prosesi, hujan deras sempat mengguyur lokasi sehingga membuat mereka berhamburan mencari tempat teduh sembari tetap mengikuti prosesi upacara.

Direktur Operasional GWK, Stefanus Yonathan Astayasa, mengapresiasi antusiasme kehadiran ribuan orang yang menurutnya sangat luar biasa. Terutama dari masyarakat Kuta Selatan.

"Meskipun sempat hujan, tetapi peringatan HUT Kemerdekaan hari ini sangat meriah karena antusias yang luar biasa dari warga sekitar. Selain itu momennya juga pas sebab tidak sedang di dalam situasi pandemi," ujarnya.

Seusai upacara bendera, rangkaian dilanjutkan dengan kegiatan lomba tradisional dan kirab budaya bertajuk "Nusantara Tempo Doeloe". Kirab budaya ini diikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar yang tampil mengenakan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke.

Sedangkan perlombaan tradisional disemarakan oleh para peserta, staf GWK, serta para pengunjung yang kebetulan datang, mereka semua tampak antusias dan bergembira mengikuti keseruan dari berbagai macam permainan olahraga tradisional ini seperti bakiak, egrang, balap karung, dan panjat pinang.

Stefanus pun berharap rangkaian acara yang diselenggarakan oleh GWK, dapat menginspirasi masyarakat sekitar untuk mengamalkan semangat juang para pahlawan bangsa dalam meraih kemerdekaan.

"Selain itu, sesudah upacara penurunan bendera sore hari, Ada pementasan kecak edisi kemerdekaan, festival musik dari band lokal sampai nasional dan ditutup dengan pesta kembang api," tandasnya.

Disisi lain terkait jumlah kunjungan wisatawan ke GWK, Stefanus memaparkan rata-rata mencapai 3.500 kunjungan per harinya. Bahkan terkhusus di momen kemerdekaan hari ini. Ia menargetkan 10.000 kunjungan wisatawan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x