Jelang Puncak Peringatan HUT Proklamasi, Paskibraka Provinsi Bali Dikukuhkan

- 15 Agustus 2023, 21:28 WIB
Upacara pengukuhan Paskibraka Provinsi Bali Tahun 2023, bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Selasa (15/8/2023)/Ringtimes Bali/Andre Putra
Upacara pengukuhan Paskibraka Provinsi Bali Tahun 2023, bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Selasa (15/8/2023)/Ringtimes Bali/Andre Putra /

RINGTIMES BALI - Pemerintah Provinsi Bali mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2023, bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Selasa (15/8/2023).

Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace yang hadir dalam prosesi pengukuhan  mengucapkan selamat bertugas kepada Paskibraka Bali Tahun 2023 yang akan melaksanakan tugasnya pada puncak peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada Kamis (17/8/2023) di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Renon, Denpasar.

"Selamat, karena ini momentum yang sangat mengharukan bagi para pelajar yang terpilih dan bisa tergabung dalam formasi Paskibraka Bali Tahun 2023. Karena setelah sekian minggu digembleng, tidak saja disiplin dan baris berbaris tapi juga pemahaman tentang wawasan kebangsaan, tentu ini menjadi momen baik dan sangat ditunggu-tunggu," ujarnya.

Cok Ace pun berharap, sekembalinya ke sekolah atau lingkungan tempat tinggal, pelajar yang tergabung dalam Paskibraka Bali Tahun 2023 bisa menjadi contoh dan panutan bagi teman-teman mereka. Sehingga dengan demikian, generasi penerus mampu mewarisi serta meneruskan semangat para pahlawan.

“Memang saat ini, kita tak lagi berperang dengan mengangkat senjata melawan penjajah. Namun semangat pahlawan kita butuhkan untuk melawan musuh seperti kebodohan dan ketidakdisiplinan,” tutur pejabat asal Puri Ubud, Gianyar ini.

Sementara itu, Pembina Paskibraka Provinsi Bali I Wayan Darma Sasmara S.Sos menyampaikan, Paskibraka yang dikukuhkan berjumlah 36 orang dan nantinya akan mengisi formasi pasukan 17 dan 8. 

Berbeda dari sebelumnya, seleksi tahun ini menerapkan sistem tarung bebas, bukan lagi berbasis kuota per kabupaten/kota. Sebelum dikukuhkan, Paskibraka Bali Tahun 2023 telah mengikuti proses pelatihan dari tanggal 5 Agustus 2023.

Upacara pengukuhan diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Wagub Cok Ace yang bertindak selaku pembina upacara. 

Berikutnya dibacakan pengantar pengukuhan yang diikuti pengucapan  Ikrar Putra Indonesia dipandu Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bali I Made Dana Tenaya. Suasana pengukuhan terasa makin khidmat saat prosesi mencium Sang Merah Putih oleh pemimpin upacara I Komang Rio Arjana yang diiringi kumandang lagu Bagimu Negeri.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x