Perkuat Mitigasi, Jembrana Miliki Dokumen Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

- 10 Agustus 2023, 23:08 WIB
Perkuat Mitigasi, Jembrana Miliki Dokumen Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami
Perkuat Mitigasi, Jembrana Miliki Dokumen Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami /Dok Humas Jembrana/

RINGTIMES BALI - Sebagai daerah yang rawan akan bencana, Kabupaten Jembrana telah memperkuat langkah langkah dalam mitigasi bencana alam.

Salah satunya melalui penyusunan dokumen Dokumen Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Dokumen itu disosialisasikan dan dihadiri langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba 

Bertempat di Hotel Jimbarwana, Kamis (10/8). Turut ditandatangani Komitmen bersama dan penyerahan dokumen Renkon Gempa Bumi dan Tsunami sebagai bentuk kesiapan serta komitmen tanggap darurat akan bencana.

Bupati I Nengah Tamba mengatakan dokumen ini penting bagi daerah sehingga diperlukan komitmen untuk menjalankannya.

Ia juga mengingatkan  letak geografis Kabupaten Jembrana terdiri dari pegunungan, perbukitan, dan pantai sehingga sangat beresiko akan  ancaman dan memiliki potensi bencana yang tinggi. 

Terlebih dari   indeks risiko bencana, Kabupaten Jembrana sendiri menempati nomor satu di Provinsi Bali. 

"Setelah kita susun dokumen ini, komitmen bersama tiap OPD dan stakeholder terkait menjadi penting, karena hasil kegunaannya untuk kita sebagai acuan dalam menanggulangi jika sewaktu-waktu terjadi bencana gempa bumi dan tsunami,” ucapnya. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan akan menindaklanjuti hasil renkon ini agar menjadi dasar ketetapan bagi OPD terkait dalam pelaksanaan penanganan bencana. 

"Akan ditetapkan dalam bentuk keputusan Bupati sehingga menjadi satu pegangan bagi pemkab agar dapat dilaksanakan sesuai aturan," tutupnya. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x