Kampus UTI Bali Kembangkan Sayap di Bumi Flobamora

- 3 Agustus 2023, 17:32 WIB
Wakil Rektor UTI Bidang Humas dan Kerjasama, Michael Calvirad, SH., MH (kiri) seusai audiensi kerjasama dengan tiga sekolah di wilayah Kabupaten Sumba Tengah, Kamis (3/8/2023)
Wakil Rektor UTI Bidang Humas dan Kerjasama, Michael Calvirad, SH., MH (kiri) seusai audiensi kerjasama dengan tiga sekolah di wilayah Kabupaten Sumba Tengah, Kamis (3/8/2023) /Andre Putra/ Ringtimes Bali/Pikiran Rakyat Media Network

RINGTIMES BALI - Universitas Teknologi Indonesia (UTI) membangun kerjasama dengan sejumlah SMA/SMK yang berada di Bumi Flobamora (Flores, Sumba, Timor). Untuk tahap perdana sudah ada tiga SMK/SMA di wilayah Kabupaten Sumba Tengah NTT.

Wakil Rektor UTI Bidang Humas dan Kerjasama, Michael Calvirad,SH., MH ditemui di Denpasar Kamis (3/8/2023) menjelaskan, kerjasama di bumi Flobamora ini dimulai dari Pulau Sumba yakni di Kabupaten Sumba Tengah dengan melibatkan 2 SMK dan satu 1 SMA.

"Adapun sekolah-sekolah yang dimaksud yakni SMKN 1 Mamboro, SMKN 1 Waibakul dan SMA Kristen Umbu Ratunggay Tanambanas, dan Proses kerja sama ketiga sekolah tersebut sudah dilakukan pada tanggal 28 dan 29 Juli lalu," paparnya.

Menurut Michael, kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk perhatian lembaga UTI terhadap putra-putri di Kabupaten Sumba Tengah agar dapat meningkatkan sumber daya manusianya di masa mendatang.

‘’Karena kami inginkan selepas lulus pendidikan jenjang SMA/SMK, mereka dapat melanjutkan studinya di UTI, yang notabene dengan penyiapan segala fasilitas perkuliahan sesuai aturan main Pendidikan Tinggi," ujar Michael seraya mengingatkan investasi termahal bagi seseorang adalah pendidikan yang baik, dan itu diawali dari jenjang sarjana.

"Selain itu, mengingat Kabupaten Sumba Tengah kini baru berumur 16 tahun, diharapkan kedepannya mampu memiliki sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat membangun daerah sesuai kompetensi mereka masing-masing," tambah dosen ilmu hukum pidana ini.

Lebih lanjut dalam audiensi perjanjian kerjasama itu, Michael menyampaikan di tahun akademik 2023/2024, UTI menyiapkan dua fakultas yakni fakultas hukum dengan prodi ilmu hukum serta fakultas ekonomi dengan program studi ekonomi Pembangunan dan akademi keperawatan mandiri yang sudah berjalan didorong akan menjadi satu fakultas ilmu Kesehatan.

Bahkan Michael menyatakan dalam waktu dekat, UTI akan menambah fakultas dan program studi baru yang akan disesuaikan dengan melihat animo masyarakat di bumi Flobamora.
"Intinya kami melihat UTI hadir dengan fakultas dan prodi sesuai pasar di NTT," tandasnya.

Akademisi asal Flores, NTT ini menambahkan, setelah Kabupaten Sumba Tengah, nantinya kampus yang beralamat di Jalan Bypass Ngurah Rai, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini akan melanjutkan kerjasamanya dengan Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. "Intinya dalam waktu dekat tim UTI akan melanjutkan audiensi dengan sejumlah pejabat di tiga kabupaten tersebut," tutur Michael.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x