Bupati Sanjaya Apresiasi Konsep Yadnya yang Dijalankan Krama

- 1 Agustus 2023, 22:32 WIB
Nyaksi Ngenteg Linggih Pura Dalem Desa Adat Cekik, Bupati Sanjaya Apresiasi Konsep Yadnya yang Dijalankan Krama
Nyaksi Ngenteg Linggih Pura Dalem Desa Adat Cekik, Bupati Sanjaya Apresiasi Konsep Yadnya yang Dijalankan Krama /Dok Humas Tabanan/

RINGTIMES BALI – Peranan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M dalam menunjukkan dukungannya terhadap pembangunan, terus dibuktikannya dengan turut hadir di tengah-tengah yadnya yang dibangun masyarakat. 

Seperti halnya saat Hari Raya Penampahan Galungan, tak juga menyurutkan semangat dan komitmennya dalam menjalankan tugas, selaku murdaning jagat Nyaksi Karya Uleman Nyaksi Karya Ngusaba Dalem Menawa Ratna Pedudusan Agung Dengan 

Tingkatan Madyaning Utama Ring Pura Dalem Desa Adat Cekik, Desa Dinas Cekik, Desa Berembeng Kecamatan Selemadeg Kabupaten Tabanan, Selasa (1/8). 

Karya agung ini juga dihadiri oleh Jero Mangku Lanang dan Istri  Ketua DPRD Tabanan beserta anggota, Sekda Tabanan dan para OPD terkait, Para Kepala Bagian dilingkungan Setda Tabanan, Camat Selemadeg, Perbekel Desa Berembeng dan tokoh masyarakat setempat, Bendesa adat Cekik dan Bendes Adat se-Kecamatan Tabanan.

Karya yang puncak acaranya jatuh pada Hari Raya Galungan, 2 Agustus mendatang ini dipuput oleh Ida Nabe Darmika Jaya dari Basang Be Perean dan telah sedemikian rupa dikonsepkan sejak 2 tahun silam. 

Di mana sumber dana yang digunakan dalam karya ini berasal dari urunan warga setempat yakni 187KK pengemong, dengan masing-masing biaya yang dikeluarkan sebesar 1,5 juta per KK dan juga penggalian dana oleh panitia persiapan karya. 

Oleh sebab itu, dalam upacara yang disebut oleh orang nomor satu di Tabanan itu, sebagai upacara yang agung dengan persiapan yang luar biasa, Yadnya ini masuk dalam pelaksanaan karya yang utamaning utama atau karya yang satwika menurut sastra agama. Pihaknya juga menekankan karya yang dilangsungkan merupakan upacara yang “becik pisan”. 

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi terhadap kebersamaan, kekompakan, semeton titiang, telah secara gotong-royong membangun yadnya yang terkonsepkan dengan baik. Apalagi sudah selama 2 tahun dirincikan, bayangkan itu sudah lama sekali tertata baik dari tata laksana, iuran, konsep gotong-royong membagi tugas, bahkan ada seksi penggalian dana, seksi upacara dan upakara luar biasa.

Saya yakin kalau tidak terkonsepkan dari awal dengan baik, belum tentu yadnya ini bisa berlangsung baik” ujar Bupati Sanjaya. Baginya, berkat asung kertha wara nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, yang betul-betul memberikan sinar suci terhadap semeton Desa Adat Cekik, sehingga karya ini bisa memargi antar labda karya sida sidaning don. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x