Pemkab Jembrana Gelar Upacara Jana Kerthi Rahina Tumpek Landep di Pura Niti Praja  

- 3 Juni 2023, 18:59 WIB
Pemkab Jembrana Gelar Upacara Jana Kerthi Rahina Tumpek Landep di Pura Niti Praja 
Pemkab Jembrana Gelar Upacara Jana Kerthi Rahina Tumpek Landep di Pura Niti Praja  /Dok Humas Jembrana/

RINGTIMES BALI - Dalam rangka pelaksanaan hari suci Tumpek Landep, Pemerintah Kabupaten Jembrana yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, I Made Budiasa beserta para Asisten dan Kepala OPD terkait

melaksanakan persembahyangan bersama dengan upacara Jana Kerthi di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana, Sabtu (3/6) pagi.

Hari Tumpek Landep yang jatuh setiap enam bulan sekali tersebut dikhususkan untuk memohon keselamatan pada Tuhan Yang Maha Esa dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata (Pasupati). 

Sebelum persembahyangan, terlebih dahulu digelar upacara pembersihan terhadap Benda Pusaka, yaitu Bajra Acintya, Keris Pejenengan Jembrana, dan Keris Agni sebagai Benda Pusaka yang ada di Pemkab Jembrana.

Baca Juga: Serukan Semangat Persatuan pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di Jembrana

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, I Made Tarma mengatakan Tumpek Landep merupakan hari suci yang dilaksanakan umat Hindu sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa yang dalam manifestasinya telah memberikan ketajaman pikiran kepada manusia. 

"Adapun ketajaman itu layaknya senjata yang terbentuk lancip/runcing seperti keris, tombak dan pedang," jelasnya

Hal senada juga diungkapkan Sekda I Made Budiasa, dimana hari Tumpek Landep sebagai momentum untuk mempertajam cita, budhi dan manah (pikiran).

“Dengan begitu kita bisa selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai-nilai agama dalam melaksanakan swadharma sesuai dengan Visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana dalam mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia,”ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x