Anggota DPR Minta Kemenlu Beri Perhatian Lebih Terkait Maraknya Wisman yang Kerja di Bali

- 29 Mei 2023, 12:40 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani,
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, /Antara

RINGTIMES BALI- Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), memberikan perhatian lebih atas maraknya wisatawan mancanegara (wisman) yang nyambi kerja di Bali, dengan hanya visa turis.

Berkaitan dengan maraknya wisman yang bekerja di Bali, Christina meminta agar Kemenlu memberi perhatian lebih, seperti dengan mengeluarkan himbauan terkait larangan bekerja tanpa izin.

“Melalui Dubes warga asing di Indonesia bisa dikeluarkan semacam himbauan terkait larangan bekerja tanpa izin untuk warga negaranya di Indonesia khususnya Bali,” ucap Christina, dikutip dari Antara, Senin 29 Mei 2023.

Lebih lanjut dijelaskan Christina, maraknya wisman yang kerja di Bali hanya berbekal visa turis, tidak hanya berkaitan dengan urusan kemigrasian dan ketenagakerjaan saja, tetapi juga berkaitan dengan diplomasi antarnegara.

Jadi, sambung Christina, pihaknya mendorong pemerintah maupun otoritas negara asal WNA, untuk bersama-sama menangani hal tersebut.

Baca Juga: AWK Soroti Kebijakan Gubernur tentang Larangan Turis Asing Sewa Motor di Bali

Menurut Christina, selain bertentangan dengan aturan keimigrasian, maraknya praktik wisman nyambi kerja di Bali ini, turut mengambil ahli lapangan kerja warga setempat, dalam hal ini warga lokal.

Semakin banyak keluhan yang datang, yang menyebut bahwa Bali saat ini bukan saja menjadi tempat wisata bagi para turis, melainkan juga sebagai tempat mereka mencari uang.

Christina menjelaskan bahwa, berbagai laporan dari temuan dilapangan yang menyebut bahwa wisman melakukan pekerjaan seperti rental kendaraan, fotografer, salon, dan pekerjaan lainnya yang menurutnya sangat bisa dikerjakan oleh warga lokal.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x