Wapres Ma’ruf Amin Beberkan Langkah Strategis bagi Industri Media

- 23 Mei 2023, 22:05 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin (kedua dari kiri) saat membuka acara Asia Media Summit (AMS) ke-18 di Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Selasa 23 Mei 2023
Wakil Presiden Ma’ruf Amin (kedua dari kiri) saat membuka acara Asia Media Summit (AMS) ke-18 di Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Selasa 23 Mei 2023 /Istimewa/Ringtimes Bali Pikiran Rakyat

RINGTIMES BALI - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, membeberkan berbagai langkah strategis bagi para pelaku industri media. Hal tersebut dikatakannya saat membuka Asia Media Summit ke-18, di Grand Hyatt Bali, Nusa Dua, Kabupaten Badung, pada Selasa 23 Mei 2023.

"Pertama, saya percaya bahwa perubahan adalah keniscayaan. Maka pelaku di industri media juga harus bergerak untuk melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berubah sedemikian cepat," ungkapnya.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, adaptasi ini, bukan hanya sebatas terciptanya gawai baru dengan teknologi tinggi. Namun, kemampuan untuk beradaptasi dengan memanfaatkan jejak digital konsumen untuk menghasilkan keputusan serta menavigasi konten yang lebih baik kedepannya bagi kedua belah pihak, baik media maupun konsumen.

"Kedua, saya mengajak media untuk memperkuat peran dasar sebagai jembatan komunikasi dan informasi dalam pendidikan publik," tutur Wapres seraya menambahkan pentingnya pendidikan publik melalui penyebaran informasi yang valid secara konsisten.

Baca Juga: Buka Asia Media Summit 2023, Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Peran Media Perkuat Demokrasi

Selanjutnya, Wapres turut mengajak media guna memperkuat peran dalam isu-isu strategis. Di antaranya penguatan demokrasi, pemulihan ekonomi yang inklusif, literasi publik atas komitmen pencapaian target-target pembangunan berkelanjutan, lalu perubahan iklim, ekonomi hijau, dan perdamaian global. Sebab, untuk menginternalisasi isu-isu tersebut di masyarakat, diperlukan penyebaran informasi yang akurat dari media.

"Sejatinya, agenda pemerintah memang tidak dapat berjalan sempurna tanpa interaksi yang saling membangun antara negara dan masyarakat yang difasilitasi oleh media," tutur mantan Ketua MUI Pusat ini. 

Keempat, Wapres juga mengimbau kepada seluruh pelaku industri media yang hadir, agar dapat memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya sebagai sarana diskusi, sehingga dapat mengoptimalkan peran media dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan global.

"Kekuatan media yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi dapat menjadi kekuatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," tegasnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x