Buka Asia Media Summit 2023, Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Peran Media Perkuat Demokrasi

- 23 Mei 2023, 17:55 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat membuka acara Asia Media Summit (AMS) ke-18 di Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, pada Selasa 23 Mei 2023.
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat membuka acara Asia Media Summit (AMS) ke-18 di Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, pada Selasa 23 Mei 2023. /RINGTIMES BALI/Laurensius Adrian Putra Segu/

RINGTIMES BALI - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, secara resmi membuka acara Asia Media Summit (AMS) ke-18, di Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, pada Selasa 23 Mei 2023.

Dalam kesempatan itu, Wapres mengajak media untuk senantiasa berperan memperkuat demokrasi di Tanah Air.

"Di tengah tantangan global serta arus informasi yang begitu cepat, media harus mampu memaksimalkan fungsi penting tersebut. Tidak hanya sebagai pemberi informasi, tapi juga sebagai pemberi ide baru yang mendatangkan kebaikan bagi seluruh stakeholder," ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

Selain itu, mantan Ketua MUI ini menyampaikan, pentingnya peran media membangun kolaborasi yang saling menguntungkan, terlebih dalam mengawal kebijakan dan program pemerintah agar tepat sasaran.

"Media dapat memainkan peran koreksi atas arsitektur kebijakan negara agar terus berada di jalur yang tepat, adil, dan memihak kepada masyarakat," paparnya.

Wapres juga mengingatkan, bahwa media memiliki andil sebagai jembatan perdamaian. Sebab, peran tersebut sangat penting dalam mendukung terciptanya lingkungan yang kondusif dan merupakan kunci dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

"Dengan perdamaian tersebut, bisa membangun nilai, sistem, serta aksi-aksi damai lainnya yang berkelanjutan. Baik di level nasional, regional, hingga global," imbuh Wapres.

Sementara itu, Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI, Iman Brotoseno, menyampaikan bahwa konten yang didiseminasikan melalui media adalah materi yang dapat memberikan dampak kuat bagi yang melihat dan mendengarnya. 

Oleh karena itu, ia meyakini, pemilihan tema pada AMS ke-18 Tahun 2023 yang bertajuk 'Media Enhancing Economic Sustainability' atau peran media dalam meningkatkan keberlanjutan ekonomi, sangatlah tepat. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x