Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Atiwa-tiwa Krama Banjar Adat Koripan

- 19 Mei 2023, 15:40 WIB
Bupati Sanjaya mengapresiasi rangkaian Karya Atiwa-tiwa Pengabenan Bersama yang dilaksanakan oleh krama Banjar Adat Koripan
Bupati Sanjaya mengapresiasi rangkaian Karya Atiwa-tiwa Pengabenan Bersama yang dilaksanakan oleh krama Banjar Adat Koripan /Dok Humas Tabanan

RINGTIMES BALI - Cerminan komitmen mewujudkan pembangunan menyeluruh secara sekala niskala bersama krama atau masyarakat terus diperlihatkan oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM. Kali ini, Jumat, (19/5).

Bupati Sanjaya mengapresiasi rangkaian Karya Atiwa-tiwa Pengabenan Bersama yang dilaksanakan oleh Krama Banjar Adat Koripan, Desa Abiantuwung, Kediri, Tabanan.

Bersama anggota DPR RI I Made Urip dan didampingi oleh Anggota DPRD Bali, Dyah Srikandi, juga beberapa anggota DPRD Tabanan, Sekda, Asisten II dan OPD terkait, Bupati Sanjaya menghadiri langsung upacara.

Yang dipusatkan di Balai Banjar Adat Koripan Kaja. Nampak juga saat itu, Sekcam dan unsur Forkopimcam Kecamatan Kediri, Perbekel, Bendesa Adat dan ratusan masyarakat setempat.

Sesuai data di lapangan, Karya Atiwa-tiwa Pengabenan Bersama ini dirangkaikan dengan upacara Metatah dan Telu Bulanan Bersama.

Dimana, ada sekitar 32 Sawa Ngaben, 17 Ngelungah, 57 Memukur, 45 orang Metatah dan 38 orang Tiga Bulanan, dengan biaya masing-masing 3 Juta Rupiah, 1,5 juta rupiah, 3 juta rupiah, serta 600 ribu rupiah.

Khusus untuk krama diluar Banjar Adat yang turut serta dalam kegiatan Memukur, dikenakan biaya 4 juta rupiah.

Dihadapan masyarakat, Bupati Sanjaya mengaku sangat bangga dan sangat berterimakasih diberikan kehormatan bertatap muka langsung dengan krama Koripan.

Apalagi sesuai penuturan Ketua Panitia setempat, bahwa karya ini digelar sesuai dengan Perarem Adat setempat, dimana hal ini sangat sejalan dengan visi Pemkab dalam bidang Atma Kerthi, yakni dalam rangka pelestarian tradisi, seni, adat dan budaya, khususnya di Tabanan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x