Ajak lindungi satwa langka, Bupati Tamba Lepas Liarkan Belasan Penyu Hijau Selundupan

- 18 Mei 2023, 14:57 WIB
Ajak lindungi satwa langka, Bupati Tamba Lepas Liarkan Belasan Penyu Hijau Selundupan
Ajak lindungi satwa langka, Bupati Tamba Lepas Liarkan Belasan Penyu Hijau Selundupan /Dok Humas Jembrana/Humas Jembrana

RINGTIMES BALI- Delapan belas penyu hijau dilepasliarkan di Teluk Banyuwedang, Kabupaten Buleleng, Kamis (18/5). 

Penyu-penyu itu sebelumnya berhasil diamankan jajaran Polres Jembrana dari salah seorang pelaku penyelundupan di Jalan Mayor Sugianyar, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana pada Senin (15/5/2023). 

Pasca diamankan Polres Jembrana, belasan penyu hijau itu  dirawat sementara di tempat penangkaran Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali guna menjaga kesehatan penyu untuk kemudian dilepas ke habitat asal.

Turut melepas Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Kepala OPD Kabupaten Jembrana,

Kejari Jembrana yang diwakili Kepala Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan Ni Wayan Mearthi, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bali, KPH Bali Barat, masyarakat umum.

Kegiatan itu juga disaksikan beberapa wisatawan asing dan berbagai LSM pecinta lingkungan. Pelepasan itu sekaligus sebagai ajakan dan mengkampanyekan gerakan melindungi satwa langka.

Baca Juga: Lakukan Kegiatan Ilegal, Pelaku Penyimpanan dan Pengolahan Puluhan Penyu Hijau Diamankan Ditpolairud Bali

Usai melepas penyu, Bupati Tamba ucapkan terimakasih atas pengawasan Kapolres Jembrana beserta jajarannya, sehingga upaya untuk penyelundupan delapan belas penyu tersebut bisa dibatalkan.  

“Hari ini sudah dikembalikan ke habitatnya, astungkara 18 ini bisa hidup sehat kembali dan juga bisa bertelur ulang untuk melahirkan anak kembali yang banyak. Sehingga pada akhirnya kelestarian ini bisa dijaga, ” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah