3 Cara Implementasi Rencana Anggaran Menurut Kepala Bappenas

- 17 Mei 2023, 13:34 WIB
Suharso Monoarfa
Suharso Monoarfa /

RINGTIMES BALI- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyampaikan tiga cara implementasi rencana anggaran dengan baik.

Cara implementasi rencana keuangan ini, disampaikan Suharso dalam acara Kementerian Keuangan yakni ‘Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023: Belanja Berkualitas Untuk Transformasi Ekonomi Indonesia’ Rabu, 17 Mei 2023, di Jakarta.

“Pertama adalah adanya pedoman untuk melaksanakan perencanaan tersebut, harus ada guideline dan ada objektif yang ingin dituju,” ucap Suharso, dikutip dari Antara, Rabu 17 Mei 2023.

Cara kedua, ungkap Suharso, adalah dengan adanya penjelasan mengenai struktur yang akan melaksanakan perencanaan tersebut, dan proses bisnis yang akan dijalankan.

Lebih lanjut dijelaskan Suharso, jika perencanaan, guideline, dan tujuan objektif sudah dibuat, tidak diikuti dengan kejelasan terkait struktur dan proses bisnis, maka dapat dipastikan bahwa implementasi tersebut tidak bisa dilakukan.

Maka dari itu Suharso menekankan sekali lagi, untuk menumbuhkan dan menjaga komitmen bersama semua pihak terkait.

Sedangkan cara ketiga, dijelaskan Suharso, adalah perencanaan anggaran yang harus maksimal serta optimal, untuk kepentingan seluruh masyarakat.

Suharso mengatakan bahwa pastinya pihak di Kemenkeu dan Bappenas sudah biasa berhadapan dengan kementerian atau lembaga, bahkan dengan daerah, terkait pengalokasian anggaran.

Baca Juga: Sri Mulyani Minta 14 Pejabat yang Baru Dilantik Siap Berkontribusi untuk Kemenkeu

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x