Respon Cepat Laporan Masyarakat, Imigrasi Bali Ringkus 3 WNA yang Berulah di Pura Pengubengan Besakih

- 1 Mei 2023, 17:52 WIB
Tiga warga negara asing (WNA) asal Rusia ditangkap petugas Imigrasi Bali karena dianggap telah berpose dengan pakaian tidak pantas di Pura Pengubengan Besakih, Karangasem.
Tiga warga negara asing (WNA) asal Rusia ditangkap petugas Imigrasi Bali karena dianggap telah berpose dengan pakaian tidak pantas di Pura Pengubengan Besakih, Karangasem. /Ist./For Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Gerak cepat Kantor Imigrasi Kanwil Kemenkumham Bali untuk merespon laporan masyarakat dalam melakukan penindakan terhadap warga negara asing (WNA) yang kerap berulah di Pulau Dewata patutlah diacungi jempol.

Terbukti dalam hitungan jam, kolaborasi dua Kantor Imigrasi (Kanim) Bali, yaitu melalui Kanim Singaraja dan Denpasar berhasil meringkus 3 WNA yang sebelumnya telah menari dan berpose dengan pakaian tak sopan di areal suci Pura Pengubengan Besakih, Kabupaten Karangasem.

WNA tersebut berasal dari Rusia, terdiri dari dua perempuan berinisial IN (35) dan ML (29) serta seorang pria berinisial SN (37). Ketiganya berhasil dibekuk di sebuah homestay di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar, pada Senin 1 Mei 2023, sekitar pukul 11.00 Wita.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Kantor Imigrasi Singaraja Hendra Setiawan mengatakan penangkapan bule Rusia tersebut sebagai bentuk kerja nyata serta keseriusan dari pihaknya dalam menanggapi laporan masyarakat.

"Bahkan meskipun di hari libur kami selaku pelayan masyarakat tetap bekerja, dan terbukti kami mampu mengungkap ketiga WNA nakal tersebut. Saat ini mereka diamankan di Kantor Imigrasi Singaraja untuk pemeriksaan lebih lanjut, kami masih menunggu hasil koordinasi dengan pengelola Pura Besakih terkait dengan permasalahan adatnya," jelas Hendra.

Sementara itu, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Bali, Barron Ichsan, mengapresiasi kinerja cepat tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Singaraja dan Denpasar dalam pengungkapan kasus ini. 

Bahkan dirinya mengaku sampai begadang semalaman untuk memantau pergerakan tim Inteldakim dalam pengejaran terhadap bule nakal tersebut.

"Hal ini demi menjaga adat dan budaya yang sangat kita hormati, maka kemarin saya perintahkan seluruh jajaran keimigrasian untuk kejar dan tangkap, syukur akhirnya berhasil," tandas Barron Ichsan.***

 

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x