Rusia akan Tempatkan Senjata Nuklir di Perbatasan Belarusia dengan NATO

- 3 April 2023, 18:33 WIB
Rusia berencana akan menaruh senjata nuklir miliknya di perbatasan Belarusia dengan anggota NATO.
Rusia berencana akan menaruh senjata nuklir miliknya di perbatasan Belarusia dengan anggota NATO. /Sputnik/Gavriil Grigorov/Pool via REUTERS

RINGTIMES BALI – Utusan dari Rusia telah memberikan pernyataan pada Minggu, 2 April 2022 yang membahas tentang adanya rencana Rusia untuk meletakan senjata nuklirnya di daerah perbatasan Belarusia dengan NATO.

“Senjata-senjata itu akan dipindahkan ke perbatasan barat negara serikat kami dan akan meningkatkan kemungkinan untuk memastikan keamanan," kata duta besar Rusia untuk Belarusia, Boris Gryzlov, dikutip dari Channel News Asia, Senin, 3 April 2023.

Gryzlov tidak memberi tahu secara rinci di mana senjata nuklir tersebut akan ditempatkan, tetapi cukup menegaskan bahwa fasilitas penyimpanan senjata nuklir akan selesai.

Baca Juga: Museum yang Didedikasikan untuk Arsip Seni Kontemporer Dibuka di Seoul, Korea Selatan pada Awal Bulan Ini

Sebelumnya Vlaidimir Putin telah meminta agar pada 1 Juli penyimpanan senjata telah rampung agar dapat segera dipindahkan ke wilayah barat Belarusia.

Belarusia yang berbatasan di utara dengan Lituania dan Latvia dan di sebelah barat berbatasan dengan Polandia. Semua itu adalah negara dari NATO yang telah didukung dengan pasukan tambahan dan perlengkapan militer menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Pihak sekutu Ukraina mengatakan bahwa mereka khawatir tentang kemungkinan Rusia akan mengirim senjata nuklir taktis ke Belarusia, yan membuta Presiden Joe Biden mengatakan bahwa rencana itu adalah hal yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: Korea Utara Diperkirakan Akan Tingkatkan Provokasi, Sebagai Bentuk Protes Terhadap Presiden Yoon Suk Yeol

Presiden Alexander Lukashenko mengatakan bahwa Belarusia juga akan mengizinkan Rusia dapat menempatkan rudal nuklir antarbenua di sana juga jika diperlukan.***

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x