SMI Dorong Pembangunan Berkelanjutan Indonesia, Salah Satunya pada Sektor Energi

- 26 Maret 2023, 14:20 WIB
Pembangkit listirk tenaga bayu (PLTB) di Desa Mattirotasi, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.
Pembangkit listirk tenaga bayu (PLTB) di Desa Mattirotasi, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. /ANTARA/Abriawan Abhe

RINGTIMES BALI - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melakukan riset untuk menciptakan skema khusus guna mendorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Perusahaan pelat merah yang khusus membiayai infrastruktur itu mengembangkan riset-riset, salah satunya pada sektor energi. 

Kepala Kajian Teknis dan Upaya Perlindungan Lingkungan dan Sosial SMI, Gan Gan Dirgantara mengatakan bahwa pihaknya baru-baru ini membentuk SMI Institut guna melakukan riset terhadap pendanaan pembangunan.

“Kami punya Institut sendiri untuk melakukan riset-riset bagaimana mengembangkan skema-skema pendanaan atau pembiayaan pembangunan, yang salah satunya adalah menyentuh sektor energi,” ucap Gan Gan Dirgantara dilansir dari Antara, Minggu, 26 Maret 2023.

Baca Juga: Kejaksaan Agung RI akan Segera Selidiki Kasus Baru di BUMN

Dalam diskusi ‘Thought Leadership Forum (TLF)’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) di Jakarta, Gan Gan menyampaikan bahwa saat ini SMI telah melirik skema pembiayaan untuk proyek setrum bersih di bawah satu MegaWatt (MW), mengingat sektor energi sudah tergolong dalam usaha menengah.

Pihak SMI juga telah diberi amanat dan kepercayaan oleh Pemerintah Indonesia dalam melakukan kolaborasi program pinjaman untuk proyek hijau serta menjangkau pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

Berdasarkan penjelasan Gan Gan, besaran portofolio aset SMI saat ini sekitar Rp120 triliun sampai Rp130 triliun.

Dengan jumlah portofolio yang dimiliki, pihak SMI baru-baru ini telah membantu pemerintah Indonesia melakukan beberapa terobosan proposal.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x