Menteri ATR/BPN Minta Agar Seluruh Rumah Ibadah Didaftarkan ke Kantor Pertanahan

- 25 Maret 2023, 08:44 WIB
Hadi Tjahjanto meminta rumah ibadah, mulai dari masjid, gereja, vihara, pura, dan klenteng didaftarkan ke Kantor Pertanahan.
Hadi Tjahjanto meminta rumah ibadah, mulai dari masjid, gereja, vihara, pura, dan klenteng didaftarkan ke Kantor Pertanahan. /ANTARA

RINGTIMES BALI - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meminta semua rumah ibadah, mulai dari masjid, gereja, vihara, pura, dan klenteng agar secepat mungkin didaftarkan ke Kantor Pertanahan (Kantah).

Imbauan ini disampaikannya usai penyerahan langsung lima sertifikat tanah wakaf dan rumah ibadah di Kalimantan Tengah, Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya, pada Jumat, 24 Maret 2023.

“Tujuannya agar seluruh rumah ibadah bisa memiliki kepastian hukum, sehingga umat bisa beribadah dengan aman dan tenang serta terhindar dari praktik-praktik mafia tanah,” ujar Hadi Tjahjanto, dikutip dari Antara, Sabtu, 25 Maret 2023.

Baca Juga: Dukung Pemerintah Capai Net Zero Emission 2060, APLSI dan PwC Lakukan Diskusi Mekanisme Perdagangan Karbon

Selain itu, ia juga meminta kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN dan juga Kantah pada masing-masing daerah untuk mempercepat sertifikasi kepada setiap rumah ibadah yang ada di daerahnya.

Ia menjelaskan bahwa Kementerian ATR/BPN konsisten dalam menjalankan program Gerakan Nasional Sertifikasi Rumah Ibadah dan Pesantren.

Tindakan ini juga untuk menindaklanjuti arahan dari Presiden RI Joko Widodo, mengenai terjaminnya kebebasan beragama dan beribadah bagi seluruh masyarakat Indonesia secara aman.

Lebih lanjut, Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa pada bulan suci Ramadhan ini, pentingnya untuk mengajarkan sesama agar menjunjung tinggi sikap toleransi, saling menghargai dan menghormati satu sama lain sebagai umat beragama.

Baca Juga: KPwBI Bali Sarankan Operasi Pasar dan Publikasi Harga Jelang Idul Fitri 2023

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x