KPwBI Bali Sarankan Operasi Pasar dan Publikasi Harga Jelang Idul Fitri 2023

- 25 Maret 2023, 07:00 WIB
KPwBI Bali menyarankan operasi pasar dan publikasi harga menjelang Idul Fitri 2023.
KPwBI Bali menyarankan operasi pasar dan publikasi harga menjelang Idul Fitri 2023. /ANTARA/HO-BI Bali

RINGTIMES BALI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, menyarankan pelaksanaan operasi pasar serentak dan publikasi harga kepada masyarakat jelang Idul Fitri atau saat Ramadhan untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok.

Kepala KpwBI Bali Trisno Nugroho menyebutkan beberapa komoditas yang perlu diwaspadai jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) mulai dari cabai rawit merah, telur, daging ayam, tepung terigu, dan gula pasir.

Menurutnya, operasi pasar serentak bisa diinisiasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), serta pihak-pihak terkait lainnya.

Baca Juga: Puasa Hari Pertama, DTW Tanah Lot Sepi Pengunjung

Ia juga menyebutkan pentingnya publikasi harga dan persediaan komoditas.

“Selain itu, Penting publikasi harga dan stok kepada masyarakat dan peningkatan kerja sama antar daerah,” ujar Trisno Nugroho, dikutip dari Antara, Sabtu, 25 Maret 2023.

Selain itu, ia menilai kestabilan harga dapat terjaga jika ada optimalisasi belanja tidak terduga serta subsidi ongkos dari Pemda.

Peran Perumda Pangan juga sangat diperlukan untuk memperkuat setiap kabupaten/kota, sehingga distribusi bahan pangan di Bali bisa semakin diperluas.

Baca Juga: Berulah Saat Nyepi, Dua Bule Polandia Dideportasi

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x