Perang Dingin, Korea Selatan Kembangkan Penghacur Rudal Korea Utara

- 4 Maret 2023, 14:45 WIB
 Ilustrasi rudal.
Ilustrasi rudal. /Pixabay /

RINGITMES BALI – Ketegangan antar dua negara tetangga yakni Korea Selatan dan Korea Utara makin memanas. Perang dingin pun nampak terlihat dari keduabelah pihak.

Dimana baru baru ini Korea Selatan telah membuat antisipasi serangan dari Korea Utara, yakni sebuah alat yang dapat menghancurkan Rudal dari Korea Utara.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan pada hari Jumat, 3 Maret 2023 mengumumkan rencananya untuk mengembangkan pendekatan anti-rudal baru untuk menghancurkan rudal Korea Utara sebelum lepas landas di bawah inisiatif reformasi pertahanan baru pemerintah Yoon Suk Yeol.

Baca Juga: Tindak Lanjut SE Kemenkes, Distan Denpasar Lakukan KIE dan Biosekuriti Cegah Flu Burung

Pihak militer Korea Selatan menggarisbawahi bahwa “prioritas utamanya adalah untuk mengembangkan kemampuan pencegahan dan respons yang andal terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara yang saat ini merupakan salah satu ancaman paling serius dan realistis” dalam apa yang disebut rencana Reformasi Pertahanan 4.0.

Untuk itu, Kementerian Pertahanan mengatakan akan mengembangkan kemampuan left of launch yang bertujuan untuk menggagalkan upaya Korea Utara meluncurkan rudal sebelum ditembakkan dengan metode nonkinetik atau "pembunuhan lunak" - sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat pertahanan.

Kini Korea Selatan tengah berusaha untuk segera menyelesaikan sistem pertahanan dalam negeri, yang terdiri dari mekanisme serangan preventif seperti Kill Chain, Korea Air, Missile Defense dan Korea Massive Punishment and Retaliation, lengkap dengan konsep operasionalnya.

Baca Juga: Pihak Imigrasi Denpasar Deportasi Tiga Orang WNA yang Langgar Hukum

Kill Chain akan berfokus pada menyerang dan menghancurkan target secara fisik dengan tindakan sebelum misil berhasil diluncurkan.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x